Kaum Muslim itu Satu Tubuh

Kaum Muslim itu Satu Tubuh




Oleh. Lina Ummu Dzakirah

Keadaan Kaum Muslim ibarat satu tubuh, Mukmin Itu Satu Tubuh Jika yang Satu Sakit Maka Semua Ikut Sakit. Diperumpamakan sabda rosulullah saw;
مَثَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ  فِيْ تَرَاحُمِهِمْ  وَتَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ كَمَثَلِ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى عَضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ جَسَدِهِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى
(رواه البخاري ومسلم)

Perumpamaan orang-orang beriman dalam hal saling mencintai, mengasihi, dan saling berempati bagaikan satu tubuh. Jika salah satu anggotanya merasakan sakit, maka seluruh tubuh turut merasakannya dengan berjaga dan merasakan demam.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Ingat hanya seorang mukmin atau orang yang beriman yang memiliki rasa seperti ini, karena banyak orang islam yang tidak beriman dan orang yang seperti ini tidak akan bisa merasakan kesusahan atau kebahagian mukmin yang lain.

Muslim di dunia sangat banyak sekali namun orang yang memiliki iman sangatlah sedikit sekali, sebagai contoh penindasan yang dilakukan RRC (Repubilk Rakyat Cina) terhadap muslim Uyghur. Saudara kita saat ini di Uighur mendapat perlakuan biadab dari rezim teroris komunis China. Mereka, dituding ingin memberontak, terlibat terorisme, ingin melawan kekuasaan China. 

Atas tudingan itu, rezim teroris Komunis China merasa berhak melakukan penangkapan, pemenjaraan, penyiksaan, pembunuhan, pemerkosaan, dan sejumlah tindakan yang tidak dapat diterima akal. Muslim Uighur tinggal dalam ruangan kecil di kamp pendidikan ulang China. Mereka diborgol, dibotaki, setiap gerakan diawasi melalui kamera plafon. 

Hanya tersedia sebuah ember di pojok ruangan menjadi toilet mereka. Mereka dipaksa belajar bahasa China, menghapal lagu propaganda dan mengakui dosa-dosa mereka. Usia mereka remaja sampai dewasa. Jatah makan mereka sedikit; sup dingin dan sepotong roti.

Penyiksaan yang dialami antara lain menggunakan methode ditusuk paku, kuku dicopot, disetrum. Hal itu dilakukan di 'ruang gelap'. Hukuman berlangsung terus menerus. Tahanan dipaksa meminum obat dan disuntik. Mereka dijadikan kelinci percobaan medis. Banyak dari tahanan menderita penurunan fungsi kognitif. Beberapa pria menjadi mandul. Perempuan kerap diperkosa.

Diam atas derita muslim uighur akan dimintai pertanggung jawaban kita kelak di akhirat. Kediaman kita atas derita Uigur sama halnya saat melihat anak kita dibunuh. Sudah seharusnya Ummat Islam itu saling menguatkan satu sama lain: Hadis riwayat Abu Musa ra. dia berkata: Rasulullah saw. bersabda: 

"Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan di mana bagiannya saling menguatkan bagian yang lain." (Shahih Muslim No.4684) 

Allah melarang ummat Islam untuk bercerai-berai:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara." (QS Ali Imran:103)

Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. Mustahil rasanya ummat Islam di seluruh dunia dapat bersatu jika tidak mempunyai pemimpin yang satu dalam naungan negara yang satu, yaitu Daulah  Khilafah benteng dan penjaga ummat islam di seluruh penjuru dunia.
WaAllahua'lam bisshawab.
Previous Post
Next Post

post written by:

Cerdaskan Umat, Raih Kebangkitan!

0 Comments: