Memilih Sekolah untuk Buah Hati

Memilih Sekolah untuk Buah Hati




Oleh : Lilik Yani

Sebelum anak masuk ke sekolah di luar rumah, anak sudah mendapat pendidikan dari orang tuanya. Terutama ibu sebagai pendidik pertama bagi anak-anaknya. 

Ibu yang baik, sudah menanamkan aqidah untuk buah hatinya. Bahwa kita semua dan alam semesta ini diciptakan Allah. Allah memerintah hamba-Nya untuk tunduk taatvkepada aturan Allah dalam menjalankan aktivitas apapun selama dibduni ini. Dan kita akan diminta pertanggungjawaban di , ,,akherat terhadap apapun perbuatan yang kita lakukan.

Kita harus menyandarkan setiap apapun pilihan kita kepada Allah yang Maha menguasai segala sesuatu. Termasuk dalam memilih makanan apa yang akan kita berikan buat anak-anak, harus dipilih yang halal dan baik.

Demilian pula dalam memilihkan sekolah ubtuk vuah hatibkita. Maka kitavharus memilihkan sekolah yabg baik, bukan sekedar sekolah terkenal atau bergensi, tapi harus memperhatikan nasabiah ilmu dan ideologinya.

Persoalan memilih sekolah akan dialamiboleh setiap orang tua yang anak-anaknya sudah mulai nemasuki dunia sekolah, baik ituvmulai TK, SD, SMP, dst. Setiap orang tua harus berupaya memilihkan sekolah yang memiliki kurikulum untuk mendekatkan diri anak-anak kepada Allah.

Para guru yang mengajarkan juga sudah dipastikan beriman, akhlaknya bagus, memiliki tehnik mengajar anak didiknya untuk selalu mengkaitkan setiap aktivitas terhadap Allah.

Begitu pula ideologinya. Harus kita lihat secara jelas. Jika ideologi tidak jelas atau menyimpang, maka produknya juga akan bermuara ke arah yang tidak jelas tujuannya.

Dalam mencari ilmu bukan sekedar ingin pandai, tapi harus memperhatikan manfaat dan berkahnya suatu ilmu yang dipelajarinya.

Ilmu yang berkah akan mbawa kebaikan dan keselamatan kehidupan di dunia dan akherat atau tidak. Karena yang kita tuju bukan sekedar sukses di dunia saja, tetapi juga harus sukses di akherat kelak. 

Ilmu yang manfaat dan berkah adalah ilmu yang dapatvmberikan kegunaan dan melahirkan kebaikan-kebaikan bagivdironya, keluarganya, dan orang-orang di sekitarnya, serta lingkungan yang leboh luas lagi. Tidak melahirkan gangguan-gangguan krpada siapapun. Tidak melahirkan kerusakan bagi dirinya dan lingkungannya.

Untuk itulah sebagai orang tua hendaknya mencari informasibyangvjelas dulu tentang sekolah yang akan dipilihkan buat buah hatinya. Coba mencari beberapa pilihan, kemudian dilist, kelebihan dan kekuarangannya.

Setiap sekolah akan ada kelebihan dan kekuarangannya. Maka kita bisa pilih yang paling banyak sisi positipnya. Kemudian jika sudah menemukan dengan kebaikan seimbang kita bisa  mempertimbangkan jarak. 

Jarak antara rumah ke sekolah yang mudah dijangkau tentunya lebih nyaman bagi anak. Tidak menyita waktu dan energi selama dalam perjalanan. Sehingga waktu dan energi bisa dimaksimalkan untuk belajar.

Dengan mencarikan sekolah yang baik buat anak-anak kita, dengan harapan bisa menyelamatkan buah hati darivhal-hal yang tidak kita inginkan. Pengaruh lingkungan sangat mudah mempengaruhi jiwa anak-anak. Maka dengan dioilihkan sekolah yang lingkungannya islami dan membiasakan anak didik dan semua perangkat sekolah menerapkan aturan Islam, maka akan mendukung tumbuh kembang anak menjadi baik.

Semoga anak-anak yang sudah dibiasakan sejak kecil taat berubadah kepada Allah, akan menjadikan diri anak menjadi generasi tangguh. Generasi yang bisa berfikir cemerlang dan visioner. Anak-anak yang nantinya menjadi pejuang agama Allah. 

Wallahu a'lam bisshowab


Surabaya, 19 Desember 2019












Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: