Kemacetan Menjamur, Islam Jadi Solusi Manjur

Kemacetan Menjamur, Islam Jadi Solusi Manjur



oleh Wulansari
(Ibu rumah tangga)



Kemacetan terjadi bukan hannya di ibu kota saja.Tapi terjadi hampir di semua kota.
Kemacetan lalu lintas terutama moment mudik di anggap sebagai fenomena biasa, bahkan menjadi semacam lifestyle yang wajib ada.
Kemacetan lalulintas sudah menjadi permasalahan sehari hari biasa di temukan di pasar,sekolah, terminal,stasiun dan di tempat pengeteman angkot. Bisa juga di akibatkan ada kecelakaan, banjir dan perbaikan jalan maupun tata ruang kota yang tidak beraturan.
Kemacetan memberikan dampak negatif contoh : kerugian waktu, penghambatan aktifitas, pemborosan energi bahan bakar dan mengganggu kelancaran kendaraan darurat seperti mobil ambulan, mobil pemadam kebakaran dll.
Untuk mencegah permasalahan ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan.
1.memperlebar jalan/ menambah lajur lalulintas sepanjang hal memungkinkan.
2.mengubah sirkulasi lalulintas menjadi jalan satu arah.
3.Mengurangi konflik di persimpangan melalui perbatasan arus tertentu yang biasanya paling dominan membatasi arus belok kanan.
4.mengurangi kendaraan pribadi menganjurkan menggunakan kendaraan umum BUS, Angkot dll.
5.memberi sanksi bila ada yang melanggar.
Islam menganjurkan cinta damai,disiplin, tertib dan aman untuk mewujudkan kenyamanan di jalan.
Membudayakan disiplin bersama untuk kepentingan bersama mematuhi rambu rambu jalan saling menghormati sesama pengguna jalan.
Aturan hukum memang tak bisa di selesaikan di setiap sudut jalan.jutaan pengendara yang setiap detiknya melintas. Kesadaran merupakan salah satu kunci terciptanya ketertiban menuju keamanan dalam berkendaraan di jalan raya.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: