Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Melawan 'Body Shaming'

Rabu, 11 Maret 2020

Heboh. Tara Basro mengunggah foto di akun media sosialnya tanpa busana. Tak pelak, hal tersebut menuai pro dan kontra. Artis ini berdalih bahwa fotonya itu sebagai bentuk melawan "body shaming" sekaligus mengkampanyekan "body positivity".

Pendapat netizen pun terpecah menjadi dua kubu. Termasuk pendapat Humas Menkominfo yang menyatakan unggahan itu melanggar UU ITE. Sementara, Menkominfo sendiri menganggapnya sebagai seni.

Body shaming termasuk kategori bullying yang diklaim terjadi karena cara pandang keliru terhadap fisik sesama manusia. Padahal, setiap manusia telah diciptakan sempurna. Kemuliaan seseorang tergantung pada ketakwaannya, bukan bentuk tubuh.

Sehingga, melawan body shaming seyogianya dengan mengubah cara pandang yang keliru tadi. Bukan malah mengeksploitasi tubuh sendiri dengan dengan dalih karya seni. Alih-alih melawan body shaming, hal itu justru menjadi bentuk pembenaran. Sementara, mengeksploitasi tubuh tidak dibenarkan oleh agama.

Ahyani R.
Kendari, Sulawesi Tenggara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar