Generasi Tak Manusiawi

Generasi Tak Manusiawi




Oleh : Shafiyyah AL Khansa *


Ironi di tengah pandemi masih belum berakhir belum lama ini drama bansos juga menghantui masyrakat pasalnya bantuan yang hendak didistribusikan kepada masyarakat sempat terhambat karena menunggu kemasan berlabel “bantuan presiden” padahal jika dilihat dari aspek kebutuhan masyarakat tengah diambang kesulitan mendapat makanan demi melanjutkan hidup.

Meski demikian nyatanya tak semua mampu membuka hati dan berbagi dengan hati yang ikhlas. Justru pandemi dan ironi kelaparan yang terjadi saat ini tega dibuat sebagai konten youtube demi menaikan subcriber. Generasi tak manusiawi benar nyata adanya.

Seperti yang diberitakan pada beberapa media tentang viralnya remaja yang melakukan prank bantuan sembako yang diberikan kepada waria dan beberapa bocah.  Hal ini juga dikutip oleh detiknews

YouTuber F bikin geram netizen. Pria asal Bandung ini tega membuat prank membagikan 'makanan' sampah ke waria dan bocah. F  kini sudah ditahan polisi.-Jakarta Detiknews (09/05)

Tak hanya detiknews yang memberitakan kasus youtuber F CNN Indonesia juga memberitakan kasus tersebut.

Polrestabes Bandung membeberkan kronologi kasus video prank atau jahil youtuber Ferdian Paleka (21) hingga ditangkap tim gabungan yang terjadi di Kilometer 19 Tol Jakarta-Merak, Tangerang, Jumat (8/5) dini hari tadi. - Jakarta, CNN Indonesia (8/5).

Apa yang dilakukan oleh F hanya contoh kecil yang tertangkap media. Sebab generasi tak manusiawi di sistem kapitalis hari ini bisa menjamur dengan bebas. Generasi semacam ini bisa tumbuh dan berkembang di sistem kapitalis meskipun undang-undang telah melarang namun sekularisme telah menjadi arah pandang generasi saat ini.

*Bagaimana Islam memandang?*

Islam sangat memandang memberikan perlakuan khusus pada generasi. Islam akan memberikan kontrol yang begitu luar biasa. Generasi tak manusiawi ini tak akan pernah terlahir jika sistem kehidupan yang mengatur adalah sistem yang memahami konsep kehidupan. 

Islam memberikan kebutuhan khusus bagi para generasi agar terbentuk generasi yang bernafsiyah Islam sehingga lahir generasi yang cemerlang.

Islam mengatur individu mulai dari hidup dalam keluarga yang berperan memberikan pemahaman akidah Islam sebagai pondasi utama. Islam juga mengatur hidup dalam bermasyarakat sehingga terjadi kontrol keimanan yang luar biasa. Disisi lain negara yakni khilafah memiliki peran sebagai pengendali dan instansi praktis.

Negara berperan untuk memberikan pendidikan pada generasi baik fasilitas ilmu agama ataupun ilmu sains dan teknologi. Negara juga mengatur seluruh aspek kehidupan manusia dengan undang-undang syariah Islam. Sebab Islam adalah peraturan yang lahir dari pencipta kehidupan dan membawa rahmat bagi semesta alam. Wallahu’alam.

*(Penulis & Aktivis Dakwah)

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: