Ramadhan bulan Al-Quran

Ramadhan bulan Al-Quran



Oleh: Raina Syam

Alhamdulillah kita udah memasuki 10 hari pertengahan Ramadhan. Apa yang identik dengan 10 hari pertengahan bulan Ramadhan? Yaps.. Malam Nuzulul Qur'an, malam dimana terjadinya peristiwa penting, awal di turunkan nya Al-Quran. 

Masyaa Allah, Ramadhan itu bener-bener bulan mulia dimana di dalam nya Allah turunkan Al-Quran pedoman hidup kita kepada Rasulullah SAW melalui malaikat jibril. Saat wahyu pertama turun Rasulullah lagi menyendiri di gua hira, merenunungi kelakuan masyarakat jahiliyah pada masa itu. Saat itu malaikat jibril mendatanginya dan berkata "iqra! (bacalah!)" tapi Rasulullah bilang kalo dia gabisa baca, hingga jibril mengulangi nya sampai 3 kali. Udah tau dong wahyu yang pertama turun itu apa? Tulss, surah Al-Alaq ayat 1-5.

Rasulullah sampai menggigil lho menerima wahyu pertama, lalu beliau pulang dan minta diselimuti oleh ibunda Khadijah. Ibunda Khadijah ga banyak tanya karena tau Rasulullah pasti nanti akan cerita. Dan saat Rasulullah cerita, ibunda Khadijah lah yang pertama kali meyakini risalah besar yang Rasulullah terima.

Itulah kenapa Ramadhan itu identik banget sama tadarus Al-Quran karena Allah melipat gandakan pahala bagi siapa saja yang membaca nya. Jangan kan bulan Ramadhan saat bulan-bulan biasa pun Allah menjanjikan pahala 10 kebaikan dalam satu huruf Al-Quran, apalagi Ramadhan coba? Masya Allah. Ehhh tapi walaupun nanti Ramadhan udah berlalu membaca Al-Quran itu harus lho, jadi jangan hanya baca di bulan Ramadhan aja yaa.

Ternyata eh ternyata bukan hanya baca Al-Quran aja lho yang Allah lipatgandakan pahalanya tapi juga segala ibadah dan amalan yang kita lakukan Allah lipatgandakan, masyaa Allah ga tuh reward yang Allah kasih, ga tanggung-tanggung. Makanya sayang banget kalo kalo kita lewatin Ramadhan cuma dengan rebahan, males-malesan, tidur sampai sore, dan apapun itu kegiatan yang unfaedah. Eitss.. Jangan mentang-mentang lagi #dirumahaja karena lagi pandemi kita bisanya cuma tidurannnn aja. Ini lagi ngomong sama diri sendiri juga hehe..

Malam Nuzulul Quran itu malam berkah banget karena para malaikat turun ke bumi untuk mendoakan siapa saja yang melakukan ibadah dibulan Ramadhan, perbanyak doa juga ya.

Btw tau ga berapa lama Al-Quran selesai di turunkan? 22 tahun 2 bulan 22 hari, wawww lama bangat kan. Dulu nih dulu, saat ada wahyu turun pasti para sahabat langsung deh nulis di pelepah kurma, di tulang, dan di apapun yang bisa di jadikan media untuk menulis wahyu Allah yang baru turun. Kita sih udah tinggal enak nya aja, tinggal baca. 

Biasanya nih kalo Nuzulul Quran ibu-ibu suka bikin ketupat sama sayur nya buat di makan bareng setelah tarawih, kalo sekarang masih bisa ngga ya? Mengingat ngga boleh kumpul-kumpul, huhu Ramadhan kali ini bener deh beda tapi ngga mengurangi kemuliaan dan keistimewahannya. Atau Nuzulul Quran juga suka disebut Qunutan. Jadi dari tanggal 17 Ramadhan harus membaca doa Qunut di sholat witir terakhir. 

Alhamdulillah, syukur tak terkita. kita masih Allah pertemukan dengan bulan mulia ini, walaupun Ramadhan tahun ini berbeda banget tapi ga menyurutkan semangat kita untuk beribadah. Semoga kita selalu senantiasa semangat di bulan penuh berkah dan berlimpah pahala ini. Dan.. semoga kita dipertemukan kembali di bulan Ramadhan berikutnya.

Previous Post
Next Post

post written by:

Cerdaskan Umat, Raih Kebangkitan!

0 Comments: