Cara sederhana yang bisa kita lakukan di rumah dalam mencegah penyebaran covid-19

Cara sederhana yang bisa kita lakukan di rumah dalam mencegah penyebaran covid-19




By: Ai Nuraini (Mahasiswa IAIN Bukittinggi)

Cuci Tangan 
Tindakan pertama yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus corona adalah rajin mencuci tangan. Karena tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit. Cuci tangan selama 20 detik untuk membunuh virus corona menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Setelah itu, bisa kita keringkan menggunakan kain yang bersih atau  tisu. Langkah cuci tangan ini merupakan tindakan yang lebih efektif untuk membunuh kuman, bakteri, termasuk virus corona. Cuci tangan merupakan langkah yang disarankan oleh banyak pihak termasuk Organisasi Kesehatan Dunia. 

Menghindari sentuhan wajah
Tangan dapat menjadi sumber penyakit karena sering terjadi kontak dengan barang atau benda maupun oranglain. Sementara itu, virus corona kemungkinan dapat masuk tubuh manusia melalui segitiga wajah yakni mata, hidung dan mulut. Maka dari itu, kita hindarkan untuk menyentuh wajah menggunkan tangan. Apabila akan menyentuh wajah maka pastikan kita sudah mencuci tangan terlebih dahulu.
Memakai Masker

Virus corona tidak menyebar melalui udara. Namun, penggunaan masker dapat meminimalisir penularan virus corona. Sebab, virus corona dapat menyebar melalui droplets dan dapat masuk kedalam tubuh melalui selaput lendir seperti mata, mulut dan hidung. Masker juga bisa digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Hindari untuk menggunakan satu masker secara berulang-ulang. Sebab masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri dan virus setelah dipakai.

Etika Bersin dan Batuk 
Terapkan etika bersin dan batuk dengan benar menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu  bersih. Sebab cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan virus corona. 

Apabila menggunakan tisu, maka segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih dan kering kembali.
Menghindari interaksi langsung

Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus corona selanjutnya dalah menghindari interaksi langsung seperti  berpelukan, berjabat tangan dan lainnya. Dengan menghindari kontak kulit dengan orang lain, maka kita dapat mengurangi penyebaran virus corona. 

🌸Menghindari Berbagai Barang Pribadi

Barang pribadi milik orang lain dapat meningkatkan resiko penularan virus corona. Sebab meskipun tidak tampak gejala, virus ini dapat menginfeksi tubuh manusia hingga sehingga bisa membawa dan menularkan virus corona covid-19 kepada orang lain. Maka dari itu, selalu gunakan barang sendiri dan hindari untuk meminjam barang pada orang lain. Langkah tersebut dapat dilakukan untuk mencegah laju penyebaran covid-19 yang berbahaya.

🌸Sosial Distancing

Social distancing/jaga jarak adalah imbauan yang sering digemakan oleh seluruh pihak. Sebab dengan menjaga jarak antara satu sama lain dipercaya dapat mengurangi resiko penyebaran virus corona. Selalu perhatikan jarak fieik dengan orang lainyakni minimal 1 meter. Langkah ini dapat diterapkan saat berada ditempat umum ataupun saat diluar rumah untuk mencegah virus masuk kedalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 

🌸Cuci Bahan Makanan

Cuci selalu bahan makanan yang diperoleh sebelum mengolahnya. Sebab, pada bahan makanan selalu saja terdapat kemungkinan adanya kuman, bakteri hingga virus corona. Kita dapat mencuci bahan makanan sebelum disimpan kedalam lemari. 
Tingkatkan Imun Tubuh
Tidak hanya di luar tubuh kita melakukan pencegahan tetapi didalam tubuh juga melakukan pencegahan. 

🌸Caranya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk covid-19. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan aktifitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  


#AI NURAINI 
#KKN-DR 2020
#KKN-DR IAIN BUKITTINGGI 
#IAIN BUKITTINGGI
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: