Tips My Spirit Syawal

Tips My Spirit Syawal




Oleh : Watik Handayani*



Menariknya di Bulan Syawal yaitu puasa sunah selama enam hari setelah Ramadan dan bergembira saat tiba Idulfitri. Dengan puasa sunnah di Bulan Syawal bagaikan puasa satu tahun lamanya. MasyaAllah kebaikan Yang sangat sempurna hanya milik Allah SWT semata. Bagaimana dengan kita, apakah sudah berikan hidup kita yang terbaik untuk kelak bertemu dengan-Nya. 

Kita bisa gunakan tips berikut untuk tetap semangat dalam beribadah. 
Pertama, kita harus tahu bahwa semua dari Allah maka harus pasrah adanya "Laa ilaha ilallah Muhammad Darosullulah" Dengan selalu  rida atas kehendak Allah SWT. 

Kedua, memperbanyak amalan ibadah sunnah, seperti puasa, salat dan mengkaji Alquran. Walaupun tidak full seperti Bulan Ramadan setidaknya rutin dan semangat Ramadan tetap digunakan. Supaya menjadi manusia yang robani bukan Ramadani, yang hanya taat cuma di Bulan Ramadan saja. 

Itu sama saja dengan membuat dosa baru. Padahal dosa kita sudah diampuni dan belum tentu masuk surga. Karena akhir terbaik dari kehidupan kita itu yang terbaik, jadi jagalah dan istikomah lah dalam mencari hidayah dengan terus belajar dan memperbanyak teman salih. 

Ketiga, mengamalkan ilmu kita walaupun hanya satu ayat. Dan terus memperbaiki diri memperbanyak ilmu tsaqofah pemahaman Islam yang mendalam. Untuk meng-upgrade pengetahuan yang terus berkembang, supaya tidak kudet. 

Selain di atas juga ada  sunnahnya menikah di Bulan Syawal. Karena dulu Nabi Muhammad menikah dengan sayidinah Siti Aisyah wanita cantik nan cerdas. Karena turun wahyu dari Allah untuk menjadi pendamping hidup periwayatan hadist nabi yang banyak dan sahih nan mulia. Karena Bulan Syawal sebelum datangnya Islam masyarakat jahiliyah Arab. Ini dijadikan bulan haram, sehingga datangnya Islam sebagai cahaya hidup manusia perubahan itu terjadi. Menjadi kan Bulan Syawal bulan mulia selain bulan puasa meskipun bulan lainnya juga baik. 

Di Bulan Syawal memang baik sunnah rosul untuk menikah. Tetapi bukan untuk berburu atau cepat-cepat untuk cari jodoh. Bukannya jodoh itu ditentukan oleh Allah SWT. Jadi tetap semangat memperbanyak tsaqofah bekal pernikahan yang seumur hidup itu penting, karena bekal untuk akhirat kelak untuk  menjadi manusia mulai. 

Mencari bekal untuk membangun sebuah keluarga dan mendidik anak yang akan menjadi penerus agama pejuang kita untuk mendapatkan surga-Nya Allah SWT. Sehingga manfaatkan Bulan Syawal ini dengan baik karena lumayan rugi loh. 

Pahalanya bagaikan satu tahun lamanya kita puasa di Bulan Syawal. Maha baiknya Allah, jika kita melakukan puasa satu tahun beneran tidak bakalan sanggup deh. Itulah kebesaran Allah yang maha Agung dan maha mengetahui hamba-Nya. 

Allahu alam bishowab

*(Komunitas muslimah menulis) 
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: