Durhaka kepada Orang Tua

Durhaka kepada Orang Tua


Oleh : Jodhie Setiawan

Seringkali kita melihat berita di Televisi, seorang anak yang melaporkan orang tua mereka ke kantor polisi hanya karena hal sepele. Kebanyakan masalahnya adalah masalah harta. Seperti yang terjadi di NTB, seorang anak laporkan ibu kandungnya hanya karena motor warisan. Bagaimana mungkin ia tega melaporkan ibunya yang selama 9 bulan telah mengandungnya, dan merawatnya dari bayi hingga dewasa. Padahal jika kita ingin meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, hendaklah kita berbuat baik kepada kedua orang tua kita. 

Durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar. Bahkan, kita dilarang berkata “ah” kepada kedua orang tua kita. Seperti firman Allah dalam surat Al-Isra’ ayat 23 yang artinya, 
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” 
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga bersabda: 
“Dosa-dosa besar yang paling besar adalah: syirik kepada Allah, membunuh, durhaka kepada orang tua, dan perkataan dusta atau sumpah palsu.”(HR. Bukhari-Muslim dari sahabat Anas bin Malik).

Banyak kisah tentang seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya. Seperti kisah Kan’an, anak laki-laki Nabi Nuh a.s.yang tidak mau mengikuti ajakannya. Kan’an menerima teguran dari Allah Swt., ia tenggelam ditelan air bah. Adapun kisah Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya. Malin Kundang yang merantau dan menjadi kaya raya, tidak mengakui ibunya sendiri. Ia dikutuk oleh ibunya menjadi sebuah batu. Itulah azab Allah Swt. bagi hambanya yang durhaka kepada kedua orang tuanya. Allah Swt. akan memberikan hukuman di dunia dan di akhirat. Sudah sepatutnya kita wajib berbakti kepada kedua orang tua kita (Birrul Walidain). Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Seorang ibu yang tak pernah lelah merawat kita, menyusui, memberi makan dan minum. Dan seorang ayah yang tak kenal lelah mencari nafkah siang dan malam. Semoga kita semua menjadi anak yang selalu berbakti kepada kedua orang tua dan diajuhkan dari siksa api neraka. Aamiin YRA.

 

Previous Post
Next Post

post written by:

Cerdaskan Umat, Raih Kebangkitan!

0 Comments: