Jejak Khilafah Yang Tak Terlihat Dalam Dakwah di Nusantara

Jejak Khilafah Yang Tak Terlihat Dalam Dakwah di Nusantara






Oleh : Femila Kareni 



Dakwah dalam menurut makna bahasa adalah seruan, Adapun menurut makna syariah dakwah adalah seruan kepada manusia untuk memeluk dan mengamalkan islam serta melakukan kema'rufan dan mencegah dari kemungkaran.
Allah SWT berfirman:
وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِا لْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ
"Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 104)

Dari ayat tersebut bahwa dakwah adalah hukumnya wajib setiap muslim untuk menyampaikan risalah dakwah yang Rasulullah saw bawa. Karena dengan dakwah adalah salah satu upaya untuk mengubah masyarakat, baik pemikiran, perasaan maupun sistem aturannya dari masyarakat jahiliyah ke masyarakat islam , dari kegelapan menuju cahaya .
Tapi tidak dengan muslim hari ini yang mana di Nusantara mayoritas beragama islam tapi masih saja banyak mereka yang anti dengan Dakwah islam ,anti dengan Khilafah anti dengan penerapan syariah islam secara kaffah . Padahal sejarah sudah mencatat bagaimana kegemilangan peradan islam yang sudah berjaya 1300 tahun lamanya memimpin 2/3 dunia dalam naungan daulah islamiyah yaitu khilafah islamiyah .

Lantas bagaimana dengan sejarah penebaran agama islam di nusantara , tanpa adanya utusan dakwah dari Sultan Mahmud 1 dari khilafah Utsmaniyah tak mungkin agama ini Islam bisa masuk dan menyebar di nusantara. Para wali datang mulai dari Maulana malik ibrahim asli Turki, ahli , politik dan irigasi. Dialah peletak kesultanan di jawa sekaligus mengembangkan pertanian di nusantara, kemudian beliau wafat di gresik sehingaa di kenal dengan Sunan Gresik. Dan ada dua wali dari palestina yang berdakwah di banten yaitu Maulana Hassanudin , kakek dari sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Aliyuddin. Jadi masyarakat Banten sebenarnya memiliki hubungan biologi dan ideologi dengan palestina.

Dengan menyebarkan dakwah yang di sebar oleh utusan khalifah mayoritas penduduk di Nusantara beragama Islam dan sangat berperan dalam kehidupan bangsa dan bernegara ini, termasuk dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang terus berjuang untuk melancarkan dakwah ke seluruh penjuru Nusantara bahka Dunia untuk berislam .

Di tahun 2015, Sri Sultan Hamengkubuwono X pernha memberikan sambutan dalam Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VI di Yogyakarta yang bercerita tentang hubungan Khilafah Utsmani di tanah jawa pada tahun 1497, Sultan Turki Utsmani meresmikan kesultanan Demak sebagai perwakilan resmi Khilafah Utsmaniyah di tanah jawa. Peresmian tersebut ditandai dengan penyerahan bendera hijau yang bertuliskan kalimat Tauhid dan berdera tersebut masih tersimpan baik di keraton Yogya. Selain itu juga Sulta Turki pula mengukuhkan Raden Fatah sebagai Khalifatullah di jawa dan menyerahkan bendera hitam dari kiswah ka'bah bertuliskan kalimat tauhid dan bendera hijau yang bertuliskan Muhammad Rasulullah, penyerahan tersebut sebagai tanda perwakilan Khilafah Turki Ustmani di tanah jawa.

Di tanah minang juga tak luput dari sentuhan peran Khilafah dalam ikut memperjuangkan kemerdekaan dan mengusir para penjajah . Salah satu adalah bantuan dari milliter Kesultanan Utsmaniyah/Ottoman yang digunakan para pejuang/mujahid dalam perangAceh untuk melawan penjajahan Portugis yang ingin menjajah tanah Air Nusantara .
Bantuan militer ini menjadi salah satu bukti bahwa Kesultanan Utsmaniyah/Ottoman amat melindungi dan memperhatikan keadaan kaum muslimin di seluruh dunia .
Nampak sekali bagaimana ketika Daulah islamiyah di tegakkan mampu untuk melindungi dan menjaga kedaulatan suatu negara tapi sejarah hari ini banyak di kaburkan dan pengaburab sejarah, bahkan Nusantara pun tak luput dari kekuasaan negara Khilafah dalam penyebaran Agama islam. Tanpa adanya utusan dari Khalifah tak mungkin di Nusantara mayoritas beragama islam . Benar Nusantara telah banyak berhutang kepada Khilafah.

Untuk itu marilah kita untuk mendakwahkan islam di tengah- tengah umat untuk mengembalikan jaman keemasan yang pernah ada dalam bingkai Khilafah islamiyah. Karena telah banyak kerusakan yang telah di timbulkan akibat tak menerapkam syariat islam secara kaffah dan sudah begitu banyak nyawa umat hari ini yang melayang hanya karna perebutan wilayah kekuasaan orang-orang kafir dan ketakutan akan tegak nya kembali khilafah islamiyah. Sungguh indah ajaran yang Rasulullah bawa membawa Rahmat bagi seluruh alam .

Allahu a'lam bisshasawab

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: