Jejak Khilafah di Nusantara

Jejak Khilafah di Nusantara



Oleh : Watik Handayani


Syariat Islam adalah hukum Allah yang harus di terapkan secara kaffah . Supaya kelak bumi ini mendapat berkah dari langit. Karena manusia diciptakan oleh penciptanya sekaligus perangkat kehidupan nya. Syariat Islam pernah di terapkan di Indonesia pada abad ke_7. Dimana Sultan Alauddin syed Muhammad  Abdul Aziz Shah yang berasal dari keterunan Arab pertama kali islam perlak didirikannya pada tahun (840 1292 M). 

Sejarah membuktikan bahwa banyak jejak khilafah di Semenanjung nusantara. Antaranya pulau Jawa, pulau Sumatera, pulau Kalimantan, pulau malaka dan pulau maluku hingga ternate. Tapi di pulau Sumatera ujung yaitu Aceh Islam bertahan hingga 1000 tahun dengan penerapan secara kaffah. Yaitu sejak berdirinya Kesultanan Perlak hingga runtuhnya Kesultanan Aceh.  

Sehingga ini dapat menunjukkan bahwa masa keemasan Kesultanan pada saat Islam hidup. Sebelum kedatangan kolonialis penjajah yang menghancurkan kehidupan masyarakat di Nusantara. Menjadi terpisah belah kehidupan yang damai menjadi tak terurus. Islam yang mempersatukan tercerai berai hingga saat ini. Sejarah Islam yang benar di kaburkan hingga di kubur dalam ingatan. Sampai saat ini sejarah Islam yang diangkat kebenaran nya oleh sejarahwan yang intelektual. Masih di halangi oleh pihak yang takut akan kebangkitan Islam. 

Begitu kuat Ukhuwah yang terjalin erat antara aceh dan ke Khilafahan. Sehingga Aceh di beri sebutan Serambi Makkah. Puncaknya ke Khilafahan Turki Utsmani dalam hubungan dagang , agama, politik dan militer telah terbangun di masa Islam jaya di Nusantara. Hubungan ini pula membuat angkatan perang Turki Utsmani. Turut membantu dalam mengusir penjajah Portugis. Dari pantai pasai yang di kuasai sejak tahun 1521 M. Untuk membebaskan  kerajaan islam Malaka dari cengkeraman bangsa portugis. 

Mengingat kembali bahwa Nusantara  memang benar adanya bahwa Khilafah berdiri memberikan bantuan. Di bumi Nusantara, berapa utang negara harus membayar itu semua. Tidak ada,malah dikubur dalam dalam penjajahan Demokrasi Kapitalisme. 

Sehingga butuh Semangat untuk bangkitnya sistem Islam dibutuhkan untuk perdamaian manusia. Maka dari itu mari kita bersatu menyongsong kehidupan Khilafah. Sistem Islam akan dapat diterapkan di muka  bumi. Dengan segera atas izin Allah SWT. Habis gelap terbitlah terang cahaya Islam kembali.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: