Memahami Sekilas Tentang Khilafah

Memahami Sekilas Tentang Khilafah



Oleh : Bu Asiyah (Ibu Rumah Tangga)

Kembalinya janji Allah yang familiar didengar pada saat ini 'Khilafah' semakin hari semakin terasa dekat. Meski Pandemi covid-19 belum kunjung sirna namun kata Khilafah sudah  tidak asing lagi bagi masyarakat.  Keberadaan khalifah sangat penting bahkan ketika baginda Nabi Muhammad saw. wafat para sahabat lebih menyibukkan untuk mengangkat seorang  khalifah daripada menguburkan jenazah Nabi Muhammad saw. Tidak ada perbedaan dari ulama empat madzhab yakni Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafii, Imam Ahmad radiyallahu 'anhum atas wajibnya mengangkat seorang khalifah.

Khilafah ajaran islam, dimana semua solusi permasalahan  kehidupan bisa terselesaikan sesuai aturan Allah SWT. Tugas seorang Khalifah adalah menjaga agama dan mengatur urusan dunia dengan agama, menjaga jiwa, harta, kehormatan sehingga keberkahan bisa dirasakan bagi seluruh alam . Khilafah adalah janji Allah swt. dan bisyarah Rasullah saw. sebagaimana  beliau bersabda, "Ada di tengah-tengah kalian zaman kenabian, akan tetap ada sesuai kehendak Allah swt. Kemudian Allah swt. akan mengangkatnya jika Dia berkehendak, kemudian akan ada khilafah yang mengikuti metode kenabian.Ia akan terus ada sesuai kehendak Allah swt. kemudian Dia akan mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya, kemudian akan ada kekuasaan (kerajaan) yang dzalim, ia kan terus ada sesuai kehendak Allah swt  kemudian Dia akan mengangkatnya jika Dia berkehendak mengangkatnya. kemudian akan ada kekuasaan (kerajaan) diktator yang menyengsarakan, ia akan terus ada sesuai kehendak Allah swt. kemudian Dia akan mengangkatnya jika berkehendak, kemudian akan ada khilafah yang mengikuti manhaj kenabian," kemudian Beliau diam (HR Ahmad, ath-Thayalisi dan al Bazar).

Khilafah  janji Allah SWT. dan kabar gembira dari Rasulullah yang pasti  datang, sebagaimana keberhasilan pasukan Muhammad Al fatih yang menaklukkan konstantinopel. Beliau beritahukan delapan setengah abad sebelum penaklukan. Beliau bersabda," Sungguh Konstantinopel pasti ditaklukkan, maka sebaik-baik pemimpin adalah pemimpinnya dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya. Kedzaliman yang semakin nyata semakin memperjelas akan tegaknya khilafah.  Rasulullah saw bersabda," Turun terhadap umatku di akhir zaman yang sangat keras dari penguasa mereka, yang tidak pernah didengar sebelumnya, yang lebih keras darinya sampai bumi yang lapang terasa sempit bagi mereka hingga bumi yang dipenuhi oleh kejahatan dan kedzaliman di mana seorang mukmin tidak menemukan tempat berlindung dari kedzaliman itu maka Allah swt. mengutus seorang laki-laki dari keluargaku lalu dia memenuhi bumi dengan keadilan dan kefakiran seperti sebelumnya dipenuhi kedzaliman dan kajahatan, yang penduduk langit dan bumi ridha dengannya dan bumi tidak menyimpan sesuatu dari benihnya kecuali dikeluarkannya dan langitpun tidak menyimpan sesuatu dari tetesannya kecuali Allah swt. siramkan kepada mereka terus menerus.(HR.al Hakim)

Kini umat perlahan mulai bangkit dan menyadari segala permasalahan yang tiada dapat terselesaikan dengan sistem yang diterapkan saat ini yakni sistem Kapitalisme, umat pun menyadari kebangkitan Islam perlahan tapi pasti. Jaminan akan terpenuhinya kebutuhan pokok, tersedianya lapangan pekerjaan, pembentukan insan yang bertaqwa dengan sebenar- benar taqwa dengan masyarakat yang memiliki kesadaraan akan hubungannya terhadap Allah swt.  sehingga kedzaliman dapat diminimalisir semuanya terwujud dalam sistem kehidupan yang satu ini. 

Berbeda halnya dengan sistem Kapitalisme sekuler yang menyerahkan urusan rakyat pada individu, rakyat yang megurus dirinya sendiri, kebutuhan pokok semakin tak terjangkau, pendidikan tidak bisa dijangkau semua rakyat padahal pendidikan adalah kebutuhan pokok bagi manusia untuk menjalani kehidupan. Wahai kaum muslimin mari kita mejadi orang-orang yang menyambut datangnya fase yang sudah dijanjikan Allah swt. dan kabar gembira dari Rasulullah saw. sebagai era kebangkitan Islam yakni khilafah yang mengikuti metode Rasulullah saw.

Previous Post
Next Post

post written by:

Cerdaskan Umat, Raih Kebangkitan!

0 Comments: