Hijab Bagi Si Kecil

Hijab Bagi Si Kecil



Oleh : Dara Millati Hanifah, S.Pd*



Beberapa waktu lalu media asal jerman Deutch Welle mendapat hujatan dari para netizen karena membuat video dengan konten tentang sisi negatif pemakaian hijab pada anak semenjak kecil.
.
Hijab adalah pakaian seorang muslimah ketika dia keluar rumah dan itu adalah kewajiban yang harus ditaati ketika seorang perempuan beranjak dewasa. Allah swt berfirman dalam surat al-ahzab ayat : 59
.
"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang" (QS Al-Ahzab : 59)
.
Dari ayat diatas sudah sangat jelas bahwa Allah meminta kaum muslimah untuk menutup auratnya dengan hijab agar lebih mudah dikenal dan tidak diganggu oleh orang-orang yang memiliki niat jahat. 
.
Masalah anak memakai hijab sejak kecil itu tergantung dari pengarahan orang tuanya. Saat orang tua faham bahwa seorang wanita muslimah wajib mengenakan hijab, maka mereka akan mengajarkan anaknya memakai hijab sejak kecil. Walaupun untuk anak kecil tidak diharuskan memakai hijab, namun mereka melakukannya sebagai sebuah pengajaran dan pembiasaan.
.
Apalagi di zaman saat ini. Alangkah baiknya sedari dini si anak dikenalkan dengan kerudung dan hijab (gamis) agar ketika dewasa nanti sudah terbiasa dengan baju muslimahnya. Mengingat pergaulan yang begitu kacau saat ini, dimana agama selalu dijauhkan dari sendi-sendi kehidupan. Dan membiasakan pemakaian hijab pada anak, bisa mengurangi kekhawatiran orang tua kepada anak gadisnya.
.
Wallahu 'alam bi shawab.



*(Pemerhati Pendidikan)
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: