Taubat Nasional Mengatasi Corona

Taubat Nasional Mengatasi Corona

 



   Oleh:Gita Amalia (pelajar sergai)

               Sudah hampir setengah tahun Negeri kita tercinta , Indonesia mengalami musibah datangnya virus yang bernama Corona Virus Desease ( Covid-19), yang membuat semua elemen pemerintahan kalang kabut untuk mengatasinya. Namun sampai saat ini juga belum ada ditemukan solusi tuntas atas permasalahan wabah covid-19 di negeri ini.

                JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk saling membantu antar sesama di tengah pandemi Covid-19 yang turut berdampak pada perekonomian, Bagi umat muslim, Jokowi mengajak untuk memperbanyak infak dan sedekah di masa pandemi ini.Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka Muktamar IV Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) secara virtual, Sabtu (26/9/2020)."Kita juga tidak boleh melupakan istighfar, dzikir, taubat kepada Allah SWT, dan memperbanyak infak dan sedekah," kata Jokowi yang memberi sambutan dari Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi menegaskan tidak ada cara lain memutus rantai penularan corona kecuali seluruh masyarakat disipilin dalam menjalankan protokol kesehatan, mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak, serta rutin mencuci tangan.Menutup sambutannya, Jokowi mengajak seluruh masyarakat berdoa agar Covid-19 bisa segera hilang dan keadaan kembali normal."Semoga Allah SWT segera mengangkat wabah Covid-19 dari bumi Indonesia, semoga Allah selalu melindungi dan memberikan keselamatan kepada rakyat bangsa dan negara kita," kata dia.

                Memang seharusnya kita sebagai seorang muslim ketika mendapatkan musibah kita harus bertaubat dan Ridho terhadap qadha Allah SWT atas terjadinya musibah tersebut. Selain itu, umat juga harus introspeksi, meskipun semuanya adalah kehendak Allah. Semua kejadian termasuk pandemi ini kadang dipicu oleh kesalahan atau dosa manusia.

Islam mengajarkan bertaubat untuk mengatasi wabah, namun taubat ini harus dijadikan bagian dari refleksi ketaatan total. Namun bukan hanya taubat saja yang harus dijalankan namun semua perintah syariat Allah SWT. Harus dijalankan dengan sepenuhnya.

                 Solusi dalam islam dalam mengatasi wabah ini yaitu dengan mengisolasi penyakit menular di tempatnya, mengarantina orang yang sakit secara medis, dan melanjutkan perawatan dan pengobatan secara gratis. Sementara orang orang yang sehat tetap melakukan pekerjaan mereka, kehidupan sosial dan ekonomi tetap berlanjut sebagaimana mestinya. Tidak menghentikan kegiatan masyarakat secara umum, juga tidak mengisolasi mereka di rumah yang justru akan atau hampir melumpuhkan kehidupan ekonomi sehingga krisis makin menjadi dan memunculkan masalah baru.

 

 

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: