Berharap pada Presiden Terpilih?

Berharap pada Presiden Terpilih?

Oleh : E. Rachma
(Pemerhati Politik dan Ekonomi) 


Pemenangan pilpres AS 2020 telah diumumkan pada Rabu (3/11). Joe Biden telah ditetapkan menjadi Presiden AS ke-46, dengan Kamala Haris sebagai wakil presiden AS. Adanya perubahan kepemimpinan pada negara besar seperti AS, tentu banyak pihak berharap akan mendapat kondisi baru yang lebih baik. Seperti harapan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid bahwa terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden AS mampu mengubah kondisi Palestina menjadi lebih baik. Tentu harapan ini tidaklah salah. Namun, bila kita berkaca dari pengalaman sebelum-sebelumnya, sejak Palestina dijajah oleh Israel hingga saat ini, dan sudah kesekian kali Presiden AS mengalami pergantian, kondisi Palestina tetap tidak mengalahmi perubahan yang signifikan. Bahkan kondisi rakyatnya makin tertindas dan wilayah bagi mereka makin kecil.

Secara logika, kondisi Palestina dapat berubah lebih baik, karena negeri muslim di dunia cukup banyak. Namun hingga saat ini, sejumlah negeri muslim tersebut, tidak mampu mengatasi penindasan yang dilakukan Israel pada Palestina. Ribuan mungkin jutaan nyawa sudah hilang, setiap ratusan meter wilayah Palestina berubah menjadi wilayah Israel.Secara logika, kondisi Palestina dapat berubah lebih baik, karena negeri muslim di dunia cukup banyak. Namun hingga saat ini, sejumlah negeri muslim tersebut, tidak mampu mengatasi penindasan yang dilakukan Israel pada Palestina. Bahkan ribuan mungkin jutaan nyawa sudah hilang dan setiap ratusan meter wilayah Palestina berubah menjadi wilayah Israel. PBB yang dinobatkan menjadi organisasi bagi seluruh negara dunia pun tidak mampu menyelesaikan permasalahan Palestina. 

Bila berkaca pada sejarah sebelumnya, ada satu solusi yang mampu menyelesaikan permasalahan Palestina yaitu adanya kesatuan negeri-negeri muslim. Dengan demikian, kondisi Palestina dan kondisi muslim di beberapa wilayah seperti di Uyghur, Rohingya, dan beberapa wilayah lainnya dapat terlindungi. Semoga kesatuan negeri-negeri muslim dapat terwujud sehingga penderitaan muslim di Palestina dan di wilayah lainnya dapat segera berakhir.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: