Mengapa Harus Islam Politik?

Mengapa Harus Islam Politik?



Oleh: Nuraizah Azura

Islam adalah sebuah agama yang sangat berbeda dari agama-agama yang lain yang ada di dunia ini. Karena Islam bukan hanya sebagai agama tapi juga sebagai ideologi yang berasal dari pencipta manusia yaitu Allah SWT dan satu-satunya agama yang diridha-Nya. Selain agama ritual, Islam juga agama politik yang memuat seperangkat aturan sang pencipta terkait urusan kehidupan.

Islam mempunyai aturan super lengkap dari A sampai Z, baik aturan yang mengatur hubungan manusia dengan pencipta-Nya, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, serta hubungan manusia dengan manusia lainnya. Karena itulah, adalah pemahaman yang salah jika menganggap Islam hanya mengatur urusan ibadah saja, namun urusan kehidupan tidak diatur oleh Islam.

Dan inilah yang terjadi di masyarakat kita saat ini, mereka memisahkan Islam dari politik. Seolah politik itu tidak ada di dalam Islam. Padahal sejatinya Islam dan politik itu satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Politik di dalam Islam sangat berbeda dengan politik dalam sistem demokrasi seperti yang diterapkan saat ini. Politik Islam bermakna urusan yang mengurusi urusan umat dengan Syariah Islam, mencakup berbagai aspek baik di dalam bidang pendidikan, kesehatan, keamanan, dan lain sebagainya. Intinya, Islam itu agama yang sempurna dan tidak ada yang bisa menandinginya.

Namun, jika kita melihat kondisi umat hari ini, mereka sudah sangat jauh dari Islam politik baik yang alergi dengan politik atau memang sengaja dijauhkan dari politik dengan digambarkan bahwasanya politik itu kotor, tidak usah bicara politik, cukup mereka yang di parlemen saja yang boleh ngomongin politik, dan lain-lain. Inilah kesalahan yang membuat kaum muslimin semakin menjauh dari pembahasan yang berbau politik. Akhirnya setiap hari mereka pun sibuk dengan segala aktivitasnya sendiri tanpa memikirkan keadaan umat. Mereka sibuk memperbaiki dirinya hingga lupa tanggung jawab mereka yang sesungguhnya kepada rakyat. Mereka cuek dan tidak peduli dengan keadaan sekitar. Jadilah mereka individualis.

Padahal ketika mereka (kaum muslimin) melalaikan diri dari mengurusi urusan umat maka itu sama saja mereka memberi peluang dan jalan bagi orang kafir untuk mengurusi urusan mereka. Seperti yang kita saksikan hari ini, begitu mudahnya orang kafir mengatur dan memberi aturan kepada kaum muslimin dengan aturan yang itu bukan berasal dari Islam. 

Asing dan Aseng begitu leluasa mengambil semua sumber daya alam (SDA) di negeri-negeri kaum muslimin tanpa bisa dicegah karena kaum muslimin tidak punya kekuatan walaupun jumlah mereka yang sangat banyak seperti buih di lautan, bahkan pemimpin atau penguasa di negeri kaum muslimin seperti tak masalah SDA negerinya diambil Asing dan Aseng selama mereka masih hidup nyaman di atas jabatan dan kekuasaannya. Akibatnya umat Islam pun semakin terpuruk dan jauh dari kata sejahtera.
Maka segala problematika kehidupan pun terjadi seolah tak ada solusi hakiki. Berbagai masalah datang silih berganti dan kalaupun pemerintah memberikan solusi bukannya betul-betul menuntaskan masalah, malah yang ada masalah yang lain pun muncul. Itulah fenomena yang terjadi akibat umat Islam jauh dari politik Islam. Dan orang yang berpolitik akan dengan sangat mudah menghancurkan Islam.

Maka dari itu, tidak ada yang bisa kita lakukan sebagai seorang muslim-muslimah selain menyadarkan umat tentang betapa pentingnya memahami Islam politik. Aktivitas dakwah harus lebih gencar dilakukan agar umat segera sadar dan bangun dari tidurnya. Kita sadarkan umat bahwa mereka tidak boleh alergi terhadap politik. Kita ajak mereka untuk bergabung bersama jamaah yang berdakwah secara politik. 

Kita bangun pemahaman umat untuk mau dan ikut memperjuangkan Islam karena hanya Islamlah yang akan bisa menyelamatkan manusia dari keterpurukan dan menjadikan umat Islam sebagai khairu ummah (umat terbaik) seperti yang telah Allah janjikan dalam kitab suci-Nya. Serta kebangkitan Islam juga akan diraih oleh umat Islam karena itu sudah menjadi janji Allah SWT juga bisyarah (kabar gembira) dari Rasulullah Muhammad SAW.

Jadi tunggu apalagi?, Ayo bangkit dan berdakwahlah! Kerahkan segenap kemampuan untuk membela dan memperjuangkan agama mulia ini (Islam).


Previous Post
Next Post

post written by:

Cerdaskan Umat, Raih Kebangkitan!

0 Comments: