Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Inilah Solusi Tuntas Atas Permasalahan Muslim Rohingya

Minggu, 13 Desember 2020



Oleh Firda Umayah*



Sungguh mengiris hati. Inilah gambaran atas kondisi Muslim Rohingya saat ini. Pasca penderitaan yang telah menimpa beberapa tahun lalu, kini Muslim Rohingya yang telah mengungsi di Bangladesh harus mengalami penderitaan lain. Ya, sejak 4 Desember lalu, Ribuan Muslim Rohingya Dipindahkan ke Pulau Terpencil dan Berbahaya. Pemindahan ribuan muslim Rohingya ini menarik perhatian dunia lantaran Pulau Bashan Char yang akan ditempati dianggap tidak layak. Selain terpencil, pulau dataran rendah itu juga berbahaya karena rentan dilanda banjir dan diterjang topan (merdeka.com/05/12/2020).

Penderitaan yang terus menimpa Muslim Rohingya merupakan salah satu fakta bahwa nasionalisme telah memecah ukhuwah Islamiyah yang ada pada tubuh kaum muslimin. Racun nasionalisme membuat para pemimpin Muslim bungkam tanpa adanya upaya untuk menyelamatkan Muslim Rohingya. Mereka hanya sekedar mengecam sambil terus menyaksikan penderitaan saudara muslim mereka sendiri.

Padahal Rasulullah SAW telah bersabda, "Barangsiapa diantara kamu melihat kemunkaran hendaklah ia mencegahnya dengan kekuasaannya. Jika ia tidak mampu maka cegahlah dengan lisannya. Jika ia tidak mampu, maka hendaklah mencegahnya dengan hatinya. Itulah selemah-lemahnya iman" (HR. Muslim). Muslim Rohingya membutuhkan persatuan umat Islam dan juga kepemimpinan Islam yang kuat dan tangguh. Kepemimpinan itu hanya ada dalam Daulah Khilafah.

Daulah Khilafah melahirkan sosok pemimpin beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Khilafah akan melindungi setiap jiwa muslim baik yang berada di wilayah kekuasaannya maupun di wilayah lain. Karena khilafah merupakan junnah (perisai) dan penanggung jawab kepada seluruh kaum muslimin dan juga warga negara yang berada di bawah kekuasaannya.

Khilafah juga akan melindungi persatuan umat melalui ukhuwah Islam. Khilafah akan mengerahkan segala tenaga dan upaya untuk melindungi kaum muslimin dimanapun ia berada. Khilafah tidak akan terikat dengan perjanjian Internasional atau ikatan nasionalisme yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Penaklukan kota Amuriah oleh Khalifah Al Mu'tasim Billah merupakan salah satu bukti perlindungan yang diberikan kepada muslim.  Khilafah juga akan disegani oleh negara lain karena merupakan negara independen dan negara kuat dengan dorongan keimanan kepada Allah SWT. Hal inilah yang menyebabkan pula Khilafah mampu berdiri lebih dari 13 abad, menguasai dua pertiga wilayah dunia serta mampu melebur bangsa-bangsa dan menjadikannya umat yang satu dan masyarakat yang satu yakni masyarakat Islam.


*(Penulis Buku Antologi "Catatan Hati Muslimah Perindu Surga")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar