Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

BANJIR DI KOTA BANDUNG

Rabu, 27 Januari 2021



Oleh : Dara.
Pelajar

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) memberi peringatan kepada warga kabupaten Bandung akan ancaman bahaya banjir, dengan menyebarkan layanan pesan singkat atau SMS terkait potensi bencana banjir dikabupaten Bandung pada Sabtu, 9 Januari 2021 
"Waspadai potensi banjir Kab. Bandung 9/1/2021. Amati situasi genangan, amankan barang penting/berharga, siap dan siaga untuk evakuasi ke tempat aman," demikian bunyi SMS dari BNPB yang diterima Jumat (8/1/2021).

Sebagai antisipasi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara akan melakukan Pengerukan sedimentasi yang ditargetkan harus selesai sebelum curah hujan tinggi terjadi di Kabupaten Bandung yaitu sekitar Bulan Februari mendatang.
Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kota Bandung sehingga terjadinya banjir dengan ketinggian 1 Meter, karena intensitas hujan yang tinggi,2 kecamatan yaitu kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot terkena banjir. Banjir ini disebabkan karena meluapnya air sungai yang disertai tumpukan sampah akhirnya terjadilah sumbatan terhadap jembatan yang cukup landai ketinggiannya
sehingga luapan tersebut memasuki kawasan warga.Air tersebut merendam rumah warga, sehingga ketika warga melakukan aktivitas mereka harus menggunakan perahu kayu, pemerintah setempat menyediakan pengungsian dengan memperhatikan protocol kesehatan. 

Banjir merupakan hal serius yang harus dengan cepat ditangani karena menyangkut dengan kelangsungan hidup manusia. Banjir yang terjadi di kota Bandung ini bukanlah hal yang pertama terjadi akan tetapi terjadi untuk kesekian kalinya.Dari kejadian banjir sebelumnya masih belum menjadi pelajaran bahwa banjir ini terjadi bukan karena intensitas hujannya yang tinggi saja akan tetapi banjir ini akibat ulah manusia juga karena telah membuang sampah sembarangan ke sungai sehingga air sungai meluap akibat sampah yang tersumbat. Warga tetap saja tidak merasa bersalah dan tidak menjadikannya sebagai pelajaran, karena sebetulnya banjir ini bisa dihindari dengan cara melakukan perubahan pada warganya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan dengan menyadari kesalahannya.

 Pemerintahan setempat pun terlihat kurang serius dalam menangani bencana banjir ini, sehingga dari tahun ke tahun banjir tetap melanda kota Bandung. Bantuan untuk warga pun harus dilakukan dengan cepat supaya warga dapat melangsungkan kehidupannya dengan baik.

Bancana yang terjadi didunia ini adalah atas kehendak Allah, kita tidak bisa merubah takdir yang telah Allah berikan. Akan tetapi setidaknya kita harus mempunyai usaha untuk melakukan pencegahan/antisipasi apalagi bencana banjir ini sudah jelas bencana yang terjadi akibat ulah manusia itu sendiri.

Dalam islam bencana apapun yang terjadi itu merupakan sebuah peringatan untuk mentafakuri diri bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk lemah dan terbatas yang membutuhkan sang pencipta yaitu Allah SWT.

Semua bencana dapat ditangani dengan mudah apabila dilakukan dengan serius sesuai dengan syariat islam dan sesuai dengan kebutuhan manusia, dan dalam menangani korban banjir pun dilakukan dengan cepat dan sigap, sehingga kebutuhannya pun dapat terpenuhi.


Ciparay Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar