Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Islam Sebagai Inspirasi, Aspirasi, Dan Solusi

Senin, 11 Januari 2021

 
Oleh : ummu Hafsa

Islam adalah agama yang Allah SWT turunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Islam sebagai agama terakhir yang sempurna. Mengapa dikatakan sempurna? Karena Allah telah melengkapi Islam dengan seperangkat aturan-aturan yang terdapat dalam Al-quran, ditambah lagi dengan Sunnah. Di dalam Islam terdapat solusi penyelesaian problem-problem kehidupan manusia. Islam juga telah sukses memimpin peradaban selama 13 abad lamanya.

Dengan kata lain bahwa Islam memimpin kejayaan selama itu adalah sebuah hal yang luar biasa, jika dibandingkan dengan kemerdekaan Indonesia yang masih 75 tahun. Kejayaan Islam bisa terwujud berkat perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat beliau dan juga para penerus perjuangan Islam di masanya.

Perjuangan Rasulullah & para sahabat yang mampu menghidupkan Islam tentunya menjadi inspirasi bagi umat muslim. Inspirasi yang berarti Ilham. Yaitu Ilham yang berasal dari pikiran manusia dan akhirnya melekat pada jiwa atau hati manusia. (Menurut KBBI). Dan tentunya juga menjadi aspirasi, yang artinya harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang (Menurut KBBI).

Islam sebagai inspirasi terbaik karena bersumber dari Wahyu, sehingga mampu menyelesaikan problem kehidupan manusia sepanjang waktu. Islam menghidupkan ijtihad di dalamnya, dimana para mujtahid dibolehkan menggali hukum untuk menyelesaikan masalah yang tentunya sumber penggalian hukumnya melalui Al-Quran dan sunnah.

Selain sebagai inspirasi, Islam juga sebagai aspirasi. Dimana dari aspirasi itu telah lahir banyak ilmuwan-ilmuwan besar dan tokoh-tokoh Islam di masa kejayaannya. Misalnya pada era 780 M - 1258 M. Pada dinasti abbasiyyah banyak ilmuan yang memberi konstribusi besar di bidang ilmu pengetahuan. Juga di masa itu umat muslim memiliki kesempatan yang sangat luas dan besar dalam mengkaji ilmu. Dari situlah banyak lahir para cendekiawan yang menghasilkan banyak karya yang masih sangat berpengaruh hingga saat ini. Seperti Ibnu Sina di bidang kedokteran, Jabir ibn-hayyan di bidang kimia, Al-khawarizmi di bidang matematika, dan lain lain.

Pentingnya menjadikan Islam bukan hanya sebagai inspirasi, namun juga aspirasi. Karena Islam sebagai aspirasi tidak pernah mengancam keberagaman. Justru sebaliknya. Islam memberi solusi atas disintegrasi/ketidakutuhan bangsa dalam sistem sekuler saat ini.
Wallahualam bisshowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar