Recent Posts

Q n A bersama Kak Atikah : Udah Tahun Baru, Hidup Masih Gini Gini Aja??

Sabtu, 09 Januari 2021



Oleh Kak Yuli

(Member SWI Muslimah Bangil)

Tak terasa kita sudah berada di tahun 2021. Situasi saat ini mengharuskan kita lebih banyak untuk #DirumahAja. Karena itu, kita dapat manfaatkan untuk meningkatkan kreativitas. Jangan jadikan Covid-19 ini alasan untuk tidak produktif dalam hidup. Smart with Islam Muslimah Bangil mengadakan kajian remaja dengan tema "Udah Tahun Baru, Hidup Masih Gini-Gini Aja" dengan beberapa puluhan remaja muslimah area Bangil di ruang zoom. (Ahad, 27/12/2020)

Berikut Q n A bersama Kak Atikah:

Q: Peredaran tembakau gorilla meningkat. Tercatat pada 2019 sebanyak 12,92 kilogram, sementara 2020 mencapai 139,92 kilogram atau naik 722,50 persen. "Penggunanya ini kebanyakan anak remaja, pelajar, anak-anak muda yang masih coba-coba," jelas dia soal pengungkapan kasus narkoba oleh Polri itu. (Liputan 6.com). Kenapa hal ini bisa terjadi?

A: Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab kasus tersebut, pertama kurangnya pemahaman agama dan kontrol di tengah keluarga. Hal ini membuat remaja merasa bebas berbuat sesuka mereka, karena tidak ada yang akan mencegah dan mengingatkan mereka. Kedua masyarakat yang individualis, cuek dan acuh terhadap sekitar. Karenanya ketika mereka melihat kemaksiatan yang dilakukan para remaja, mereka membiarkan bahkan memaklumi seakan itu hal yang sudah biasa. Ketiga, negara yang tidak menjalankan aturan Allah SWT. secara sempurna dan menyeluruh sehingga tidak ada aturan yang menegaskan tentang kemaksiatan pada remaja.

Q: Ketiga faktor penyebab tersebut apakah berkaitan dengan beragam kebebasan dalam sistem demokrasi?

A: Secara fakta di atas tadi, hal ini terjadi karena kita hidup di tengah-tengah sistem demokrasi yang penuh dengan kebebasan. Sehingga ketika mereka melakukan kemaksiatan mereka akan mengatasnamakan kebebasan tersebut. Selain itu, ada paham sekularisme yang menjauhkan kita dari agama mengakibatkan remaja tidak takut dalam bermaksiat kepada Allah SWT.

Q: So, apa solusi yang tepat atas permasalahan ini?

A: Allah berfirman:"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan."(Q.S Al-A'raf: 96). Menyerahkan segala urusan hidup di atur dengan Islam sehingga hal-hal di atas tidak akan terjadi.  Dukungan dari keluarga, masyarakat dan negara yang mengatur dengan tegas kemaksiatan di tengah masyarakat sesuai dengan Al-qur'an dan sunnah.

Q: Terus apa yang harus kita lakukan? Kan saat ini kita ada di sistem demokrasi sekuler?

A: Yuk kita mengkaji islam, perbanyak ilmu agama, jangan pernah lelah untuk menuntut ilmu, mencari sahabat taat yang saling menguatkan untuk lebih dekat dengan Islam. Setelah mengkaji dan berteman dengan sahabat taat, kita juga harus mendakwahkan Islam kepada yang lain bukan disimpan untuk diri sendiri. Wallahua'lam []

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar