Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Tebarkan Dakwah Di Muka Bumi Ini

Rabu, 20 Januari 2021



Oleh: Nazwa Hasna Humaira

Aktivitas: Aktivis Dakwah

 

Dakwah sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim. Dengan kita menebarkan kebaikan di muka bumi ini, maka kebathilan dan kemungkaran akan terhapuskan. Allah memberikan perintah dan larangan-Nya kepada para penghuni bumi, agar di kehidupan ini bisa menuntun kita menuju SyurgaNya dan terhindari dari kerasnya siksaan Allah SWT.

 Allah SWT berfirman:

 

وَا تَّقُوْا فِتْنَةً لَّا تُصِيْبَنَّ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْكُمْ خَآ صَّةً ۚ وَا عْلَمُوْۤا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَا بِ

 

"Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksa-Nya."

(QS. Al-Anfal 8: Ayat 25)

 

Segala sesuatu yang telah Allah atur untuk makhluk-Nya, itu merupakan suatu yang terbaik dalam menjalani kehidupan. Seperti halnya, Allah SWT memberikan kita sebuah perintah yang sudah pasti membawa kebaikan da kemanfaatan. Begitupula larangannya, Allah SWT memberikan itu agar kita tidak terjebak dalam lingkaran kebathilan dan kemadharatan. Menyampaikan suatu kebenaran bukan hanya dilakukan oleh seorang ulama,kya'i, ataupun ustadz/ah. Akan tetapi ini menjadi suatu kewajiban bagi setiap individu muslim.Allah SWT berfirman:

 

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِا لْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

"Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 104)

 

Modal kita dalam berdakwah, adalah Ilmu Agama. Maka, sangat penting lah bagi kita saat usia anak-anak dalam mempelajari Ilmu Agama. Dalam sebuah hadist, menyatakan "Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahat" (H.R.Ibnu Majah).

 

Keutamaan dalam berdakwah pun menjadi salah satu ciri khas kita sebagai seorang muslim sekaligus menjadi ciri umat terbaik di muka bumi.  Allah SWT berfirman:

 

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّا سِ تَأْمُرُوْنَ بِا لْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِا للّٰهِ ۗ 

 

"Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.

(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 110)

 

Bahaya bila kita meninggalkan dakwah, sebab akan mendatangkan azab Allah SWT. Dan Allah menurunkan azab-Nya bukan hanya untuk para pelaku, namun seluruh nya pun akan terkena azab-Nya. Rasulullah saw bersabda: "Sungguh manusia itu, jika melihat kemungkaran, kemudian mereka tidak mengubah kemungkaran itu. Dikhawatirkan Allah akan meratakan azab-Nya kepada mereka semua".( H.R Ibn Majah).

 

Dalam hidup, kita memiliki 2 pilihan antara berada dalam jalan ketaatan ataupun dalam jalan kebathilan. Hanya diri kita lah yang berhak menentukan pilihannya, dan pastinya setiap pilihan akan selalu ada resiko, tantangan, cobaan, dan ujian. Begitupun dengan dakwah, tidak akan selalu berjalan dengan lancar. Pasti akan ada suatu saat nanti batu kerikil yang akan menguji kita di tengah-tengah perjalanan dakwah kita. Kunci yang harus kita pegang untuk mempertahankan ketaatan kita kepada Allah adalah Sabar dan Istiqamah.Allah SWT berfirman:

 

وَأْمُرْ بِا لْمَعْرُوْفِ وَا نْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَا صْبِرْ عَلٰى مَاۤ اَصَا بَكَ ۗ اِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُ مُوْرِ ۚ  

" Laksanakanlah makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting."

(QS. Luqman 31: Ayat 17)

 

Jadi, tetaplah berpegang teguh dalam ketaatan kita kepada Allah Swt. Laksanakanlah setiap perintahNya dan tinggalkanlah larangan-Nya. Kuatkan tekad kita untuk membuat islam kembali tegak di muka bumi ini dengan bersungguh-sungguh dalam berdakwah.

 

Wallahu'alam bii ash-shawwab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar