Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Halusinasi Kapitalisme

Kamis, 04 Februari 2021
Oleh: Yuke Octavianty


Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) yang dilakukan sejak awal Januari hingga saat ini, tak memperlihatkan pengaruh signifikan dalam mengendalikan pandemi. Penderita Covid - 19 semakin banyak dengan persentase kematian yang semakin meningkat. Pemerintah pun jujur tentang hal tersebut. Dan mengungkapkan perlu adanya evaluasi dalam pelaksanaan PPKM. Selain itu, pemerintah juga mengatakan harus ada peningkatan gencarnya pelaksanaan program vaksinasi.

Menurut analisis Dr. Rini Sjafri, pengamat kebijakan publik, adanya kesalahan pola berpikir pemerintah dalam penanganan pandemi. Seharusnya tak sebatas teknis dan saintifik. Inti masalahnya adalah penerapan sistem yang salah. Sistem kapitalisme yang diterapkan tidak pernah bisa menyelesaikan semua persoalan, termasuk pandemi. Karena tujuan utama kapitalisme bukan pada kesejahteraan umat. Akan tetapi, pada sisi kepentingan, keinginan dan kantong penguasa.

Masyarakat pun sudah muak dengan segala kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Mulai dari PSBB, new normal life dan sekarang PPKM. Hal ini nyata tampak dalam tingginya mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain. Tak peduli lagi dengan penyebaran virus Covid-19 yang terus merajalela. Bahkan banyak juga masyarakat yang tak mengindahkan protokol kesehatan. 

Penyebab utama seluruh lingkaran masalah adalah penerapan sistem kapitalisme dalam kehidupan. Tak hanya sekedar masalah vaksinasi, pembatasan aktivitas atau solusi kerdil sejenisnya. Kapitalisme, sistem yang hanya bermuara pada kepentingan penguasa. Tanpa memperhatikan nasib umat. Sedikitpun, nyawa rakyat tak memiliki jaminan. Hanyalah halusinasi, jika inginkan kesejahteraan di atas tapak kaki kapitalisme. Karena kapitalisme adalah sistem yang terlahir cacat dan sama sekali tak bisa menjadi solusi masalah kehidupan.

Berbeda dengan sistem Islam. Yang mana Islam adalah satu-satunya sistem shahih yang dapat menyelesaikan segala masalah. Allah telah tetapkan segala aturan untuk semua urusan makhlukNya. Dan itu sudah pasti kebenarannya. Islam tak hanya sekedar mengurusi ibadah saja. Namun, seluruh urusan manusia yang sangat kompleks pun dapat terselesaikan oleh aturan Islam. Kapitalisme, hanya halusinasi semata. Kembalikan seluruh urusan hanya pada aturan Allah semata. 

Wallahu alam bisshowwab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar