Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Hijrah? Why Not?

Sabtu, 27 Februari 2021



Oleh : Azizah Zakiyyah Aerilee
(Komunitas Remaja The Winner)

Friends, katanya hijrah itu susah ya? Hijrah itu gak susah kok, hijrah itu gampang, tapi yang susah itu adalah istiqomah. Iya, istiqomah itu susah dan berat. Tapi, jika memang kita itu bersungguh-sungguh ingin hijrah, pasti kita itu akan tetap istiqomah meskipun banyak ujian yang menimpa ke dalam hidup kita.

Friends, tahu gak kenapa Allah memberi ujian pada hamba-Nya? Yap! Karena Allah ingin menguji kesabaran hamba-Nya. Namun, bukan semata itu loh, ujian juga adalah tanda cinta Allah kepada hamba-Nya.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

''Dan sesungguhnya Allah, jika Dia mencintai suatu kaum, Dia menguji mereka. Jika mereka ridha, maka Allah ridha kepadanya. Jika mereka benci, Allah membencinya''. (HR. Tirmidzi)

Dalam menjalani hijrah, biasanya kita akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan tetap berada di jalan kebenaran.

Untuk memulai berhijrah memang bukan hal yang mudah. Perlu kebulatan tekat dan motivasi yang kuat untuk melakukannya. Ia memerlukan pengorbanan yang besar. Akan ada banyak tantangan yang menggoda dalam menuju jalan kebenaran.

Friends, tahu gak? Banyak hikmah loh dalam melakukan hijrah di jalan Allah. Selain dapat memberikan hidup yang lebih indah, hijrah juga akan membukakan pintu surga.
Bersabarlah atas segala cacian dan hinaan dikala diri sedang proses berhijrah. Jika kita kehilangan banyak teman atau orang-orang yang kita sayangi saat berhijrah, Allah akan ganti dengan yang lebih baik.

Friends, hijrah itu bukan hanya sekedar untuk merubah penampilan, tapi untuk merubah diri juga agar menjadi yang lebih baik lagi. Hijrah bukan hanya untuk orang taat, melainkan untuk mereka yang mau taat pada Allah.
Hijrah adalah tentang benci dan cinta. Meninggalkan yang dibenci Allah dan menuju kepada yang dicinta Allah.

Hijrah bukan hanya butuh proses, tapi juga butuh progres.
Semakin kita berusaha menjadi orang baik, maka semakin menjauh orang-orang yang tak pantas di hidup kita. 
Tetaplah istiqomah atas tujuan awal hijrah. Percayalah bahwa hijrah itu akan membawa segala hal kepada kebaikan.

Friends, ada loh orang yang mau hijrah tapi gak jadi.
Why? Because dia tidak istiqomah, dan dia mudah putus asa. Padahal sayang banget loh friends. Memang sih, di kala berhijrah juga ada yang sulit. Ketika kita berhijrah, kita akan mendapat ujian yang datang terus-menerus.

Saat kita mulai ingin berhijrah, itu artinya hidayah Allah sudah datang kepada kita. Sebaiknya, jangan ditunda alias harus disegerakan untuk berhijrah. Karena kita tidak tahu kapan ajal menjemput.

Jika kita ingin berhijrah, luruskan niat dan ikhlas karena Allah, jangan karena ingin dipuji banyak orang dan jangan karena paksaan.
Disaat berhijrah juga, kita harus terus mencari tahu bagaimana cara berhijrah dengan benar, bagaimana caranya untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Kenapa kita harus istiqomah?
Karena jika kita tidak istiqomah, iman kita tidak akan kuat menahan semua ujian yang Allah beri, dan akhirnya malah gagal untuk hijrah.

Bagaimana cara kita menjadi orang-orang yang bisa berhijrah dengan baik?

Bersihkan hati kita, biasanya hati yang kotor itu, susah untuk menerima kebaikan. Maka sebelum kita berhijrah, sebaiknya kita bersihkan hati kita dengan perbanyak istighfar. InsyaAllah dengan perbanyak istighfar dosa-dosa kecil kita akan berguguran.

Bersabarlah dengan prosesnya. 
Friends, sabar ini gak ada batasnya. Jadi, disaat kita sedang berada dalam proses hijrah ini, pasti akan selalu datang berbagai ujian, dan setan itu gak akan pernah diam untuk menggoda kita kembali ke jalan awal.

Setelah proses hijrah itu kita lalui, maka yang harus kita lakukan adalah, berkumpul dengan orang-orang yang punya tujuannya sama dengan kita, yaitu memperbaiki diri dengan cara berhijrah.

Jika Allah mampu merubah siang menjadi malam, maka yakinlah Allah juga mampu merubah kecewa menjadi bahagia.
Jadi, bersabarlah dalam menghadapi semua ujian yang Allah beri. Yakinlah, di setiap kesedihan pasti akan ada kebahagiaan.

Allah berfirman di dalam salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya adalah:

“Sesungguhnya, orang-orang yang mengatakan “Tuhan kami adalah Allah lalu mereka istiqomah kepada pendirian mereka, maka Malaikat pun akan turun kepada mereka seraya mengatakan “Janganlah engkau merasa takut dan janganlah engkau merasa sedih dan bergembiralah kamu mendapatkan surga yang sudah dijanjikan oleh Allah kepada engkau” (QS Fushilat: 30).

Semakin Allah cinta pada hamba-Nya, maka semakin banyak dan berat ujian yang ia beri. Namun, pahala dan surga pun menanti.

Yang sedang proses berhijrah maupun yang sedang hijrah, semangat ya!
InsyaAllah pasti kita bisa menjalani semuanya, yakinlah!
Allah selalu bersama orang-orang yang dicintai-Nya.
Semoga kita termasuk orang yang dicintai oleh Allah, Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.
Jangan menyerah! Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar