Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Sayangnya Orang Tua Ridanya Ilahi

Selasa, 16 Februari 2021


Oleh: Watik Handayani, S.Pd



Ya Allah sayangilah kedua orang tuaku saat mereka mencintaiku di waktu aku masih kecil’.

_______________________________________


Mungkin inilah rahasia Allah yang terpendam dan akan menjadi amal shalihah seorang anak terhadap kedua orang tuanya. 

Begitu juga firman Allah yang berbunyi, “Dan Kami wasiatkan kepada manusia terhadap kedua orang ibu bapaknya. Maksudnya Kami perintahkan manusia untuk berbakti kepada kedua orang ibu bapaknya (ibunya telah mengandungnya) dengan susah payah (dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah) ia lemah karena mengandung, lemah sewaktu mengeluarkan bayinya dan lemah sewaktu mengurus anaknya di kala bayi (dan menyapihnya) tidak menyusuinya lagi (dalam dua tahun. Hendaknya) Kami katakan kepadanya (bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada Akulah kembalimu) yakni kamu akan kembali. (QS Lukman: 13-14).

Dari ayat  di atas, dijelakan janganlah kamu memperlakukan kedua orang tuamu secara acuh atau tidak ma’ruf/tidak berbuat baik kepada keduanya. Jasa kedua orang tua kita tak bisa ditandingi dengan apapun. Karena orang tua itu bisa menghidupi lebih dari 5 orang anaknya, sedangkan anak tak juga bisa satu pun menghidupinya. 

Semasa hidupnya pun, orang tua akan melakukan yang terbaik demi anaknya. Dengan susah payah mereka  mengurus, mendidik dan membesarkan anak-anaknya agar menjadi orang yang berguna dalan hidupnya. Maka, sayangilah orang tuamu, apalagi sudah tua renta. 

Ingat, sayangnya orang tua ridha ilahi yang patut kita jadikan pedoman hidup. Banyak orang sukses karena ridha orang tua. Ridha Ilahi merupakan ridhanya orang tua juga. Maka, selama kita hidup di dunia teruslah berbuat baik terhadap kedua orang tua. Walaupun tidak diharapkan tapi di dalam hatinya pasti ada kamu. Karena rasa sayang orang tua tak terungkapkan. Tapi bisa dirasakan atas perlakuannya terhadap kita. 

Banyak-banyaklah bersedekah yang ditujukan khusus buat orang tua kita. Dengan sedekah bisa menjadi wasilah memanjangkan umurnya. Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya sedekahnya orang Muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani).

Begitu juga, dengan sedekah akan menghapus dosa orang tua kita. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi).

Maka, salah satu bakti kita kepada orang tua dengan banyak bersedekah atas nama orang tua kita. Teruslah berbakti dan menyayangi orang tua kita sampai di usia senja dan setelah mereka  meninggal dunia. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar