Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Mudik Dilarang Lagi, Berikan Solusi Pasti

Kamis, 01 April 2021
Oleh : Nurul Rachmadhani


Lebaran sebentar lagi, tradisi mudik tahunan akan mulai terjadi. Namun setelah pandemi melanda negeri ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang himbauan pelarangan mudik. Telah terjadi di tahun lalu dan kini terjadi lagi di tahun ini. Dengan kebijakan yang ada saat ini, sebaiknya larangan mudik jangan hanya dijadikan kebijakan basa-basi untuk menurunkan pandemi. 

Pengamat Transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA) Semarang, Djoko Setijowarno menyarankan, agar pelarangan mudik lebaran 2021 berjalan efektif, pemerintah diminta terbitkan Peraturan Presiden(Perpres). Liputan6.com, Minggu (28/3/2021).

Penerbitan Perpres itu, bertujuan untuk keberlangsungan usaha dibisnis transportasi umum darat wajib mendapatkan bantuan subsidi, seperti halnya moda udara, laut dan kereta. Karena larangan mudik ini berdampak besar pada ekonomi dan sosial rakyat, yang mana seharusnya persoalan ini sudah diantisipasi sejak awal masa pandemi. 

Melihat fakta di lapangan, pasti ada saja pelanggaran dari kebijakan yang telah ditentukan. Selain itu juga, biasanya angka penyebaran virus akan naik setelah adanya libur panjang. Sekalipun sudah adanya vaksin tetap saja jika pelanggaran banyak dilakukan tak menutup kemungkinan penyebaran virus akan terjadi. 

Bukan hanya penerbitan Perpres, pemerintah juga harus mampu dalam memberikan bantuan kepada rakyat secara menyeluruh. Mengingat kebijakan yang ada bisa membuat sebagian masyarakat merasakan dampak merugikan, karena tidak terpenuhinya kebutuhan hidup yang semakin hari semakin sulit didapatkan. Pun bantuan sosial seharusnya dapat diberikan secara adil dan merata. Pemenuhan kebutuhan rakyatnya terjamin, sehingga rakyat merasa aman dan mempercayai segala kebijakan yang dibuat. 

Tidak seperti saat ini kebijakan selalu dibuat, kebijakannya pun selalu berubah tanpa adanya solusi bagi rakyat bagaimana keluar dari permasalahan ekonomi yang kian hari kian mencekik. Diberi sanksi bila melanggar, namun tak ada solusi pasti. Tak salah jika akhirnya pelanggaran banyak terjadi, karena hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang tak bisa tangani dan mengurusi rakyatnya. 

Begitulah saat ini, pemerintah yang tak mampu memberikan jalan keluar. Negara saat ini tak mampu mengurusi masyarakat di dalamnya, akibat salah urus dari sistem yang rakus. Hanya mementingkan sebagian golongan tanpa memikirkan rakyat lainnya yang merasa kesusahan. Keuntungan bagi mereka para korporat menjadi sengsara bagi rakyat. 

Karena itu, rakyat saat ini membutuhkan kebijakan yang utuh dan benar-benar bisa dijadikan pijakan dalam penuntasan pandemi. Yang mana kebijakan yang utuh dan tak berubah hanya ada dalam Islam, karena Islam mengambil segala kebijakan dari sumber yang terpercaya. Al-quran, sunnah, ijmak sahabat dan qiyas adalah kunci dari segala problematika kehidupan manusia. Tak bisa disangkal dan tak bisa dipungkiri. Islam adalah jalan terbaik karena Islam mampu memberi solusi. 

Wallahu'alam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar