Recent Posts

Operasi Pasar Murah, Upaya Sesaat Mengentasakan Kemiskinan

Senin, 05 April 2021


Oleh Susi Mariam Mulyasari S.Pd.I (Ibu rumah tangga dan Aktivis Dakwah)

Baru-baru ini pemerintah Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung pada tahun 2021 ini akan menyelenggarakan operasi pasar murah (OPM), yang bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat terutama yang berpendapatan 4 juta ke bawah.

Tentu kita sebagai warga negara yang baik dan berada dilingkungan Kabupaten Bandung mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah ini, karena sudah memperhatikan hajat hidup orang banyak di tengah pandemi seperti ini. 

Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan sektor perekonomian mengalami penurunan, pertumbuhan signifikan yang berdampak pada penurunan pertumbuhan ekonomi. Pengangguran, penurunan daya masyarakat adalah sebagian dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini. Sehingga sangatlah wajar pemerintah berupaya untuk memakmurkan warganya. 

Namun demikian di balik merosotnya pertumbuhan ekonomi negeri ini, menyiratkan sebuah informasi penting bahwa ekonomi kapitalisme yang dianggap sebagian pendukungnya adalah paripurna, nampaknya itu semua adalah buaian semata tanpa ada bukti yang menyertainya. 

Seandainya potensi sumber daya alam negeri ini yang begitu melimpah ruah dikelola dengan baik oleh negeri tanpa harus dijadikan sebagai "tumbal" bagi segelintir orang dan kelompok, maka sudah dipastikan rakyat negeri ini tidak akan mengalami nasib yang naas seperti ini. Jumlah orang miskin kian hari bertambah, fasilitas publik lainnya pun banyak yang tidak memenuhi standar kelayakan. 

Berapa banyak sekolah yang tak layak di gunakan untuk belajar? Berapa banyak layanan kesehatan warga yang bisa beroperasi secara maksimal? Dan permasalahan yang lainnya.

Oleh karena itu, seluruh upaya yang dilakukan oleh pemerintah selama masih di dalam kerangka ideologi kapitalisme tidak akan pernah mengarahkan kepada kemakmuran rakyat melainkan kepada pencitraan bagi segelintir orang untuk meraih dukungan politik semata.

Oleh karena itu OPM tidak akan pernah menjadi solusi, sebab permasalahan kita terletak pada ideologi kapitalisme sendiri yang sekarang sedang di terapkan.

Oleh karena itu solusi fundamental untuk mengentaskan kemiskinan dan menaikan daya beli masyarakat adalah dengan membuang jauh-jauh ideologi kapitalisme  dan menggantinya dengan ideologi Islam.

Kenapa harus Islam?
Pertama, kewajiban bagi muslim menerapkan Islam kaffah.

Kedua, Islam memiliki peraturan yang menyeluruh termasuk di dalamnya masalah ekonomi, yang terbukti selama puluhan bahkan ratusan tahun yang mampu menyejahterakan masyarakat.

Oleh karena itu tidak ada solusi yang terbaik kecuali dengan tegaknya Islam dibawah naungan Khilafah Islamiyyah.
Wallahu a’lam bishshawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar