Recent Posts

Total Tayangan Halaman

Labels

Pesan Sekarang Juga!

Cara Ngirim Tulisan

Cara mengirim tulisan ke Pena Pejuang : 1. Kirim tulisan, bisa dalam bentuk tulisan wa, bisa juga dalam format docx. 2. Sertakan dengan gamb...

Menjemput Kemuliaan di Sepuluh Terakhir di Bulan Ramadhan, di Masa Pandemi.

Senin, 03 Mei 2021


Oleh: Kartika


Tak terasa Ramadhan sudah berjalan selama dua pekan. Banyak keutaman yang di raih di 10 hari terakhir di Bulan Suci Ramdhan yaitu turunnya Malam Lailatul Qodar, malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Bulan Suci Ramadhan kali ini adalah Bulan Suci Ramadhan  yang  ke dua di Masa Pandemic. Banyak aturan yang harus kita taati. Kita pun tetap gencar meraih keutamaan di Bulan Suci Ramadhan tanpa mengabaikan Protocol Kesehatan.

Rasulullah SAW memanfaatkan waktu-waktu penuh keutamaan di 10 hari terakhir dengan meningkatkan kualitas ketaatan, beriadah, bertaqorrub, beri’tikaf dan mengajak anggota keluarga untuk beribadah. Sebagaimana dalam sebuah hadist disebut:

Dari aisyah RA, Rasullah SAW sangat bersunguh sungguh beribadah pada sepuluh terakhir Bulan Ramadhan, melebihi kesunguhan beribadah di malam tersebut.” (HR.Muslim)

Bula Ramdhan adalah Bulan Suci yang Istimewah . karena di Bulan Suci Ramadhan banyak amalan yang dilipat gandakan dan Penuh keberkahan. Apalagi di hari 10 terakhir di bulan suci Ramadhan. Ada banyak keutamaan di sepertiga bulan terakhir hingga Rosulullah SAW mengencangkan ibadahnya.

Allah SWT menggambarkan tentang 10 terakhir di bulan Suci Ramadhan atau malam Lailatul Qodar, dalam Al Qur’an surat Al Qadr ayat 1-5:

Sesungguhnya kami telah menurunkannya Al Qur’an pada Malam Kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu lebih baik dari Malam Seribu Bulan . Pada malam itu turun Malaikat Malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.QS Alqadr:1-5  

Karena 10 malam terakhir adalah malam malam yang Allah cintai, kitapun akan merindukan keindahan malam Lailatul Qadar aatau malam kemuliaan yang keutamaan melebihi beribadah sepanjang 1000 bulan.

Rosulullah SAW pun memberikan contoh kepada Umatnya agar tdak terlena dalam kesibukkan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir.
Apalagi dimasa pandemic  sekarang , banyak aktivitas harian kita yang dibatasi karena untuk mencegah bertambahnya kasus covid-19. Namun kita haruslah optimis dan menambah semangat meraih keutamaan 10 hari terakhir di Bulan Suci Ramadhan.
Adapun amalan Ramadhan 10 hari terakhir di Bulan Suci Ramadan tuk meraih malam Lailatul Qodar adalah:
Mengencangkan dan memperpanjang sholat malam.

Rasulullah  SAW  biasa memasuki 10 terakhir Ramadhan, Beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh – sungguh ibadah), menghidupkan malam malam tersebut dengan ibadah dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah. HR. Al Bukhari dan Muslim.
Berbanyak sedekah.
QS. As-Sajdah ayat 16
Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada robbnya dengan penuh takut dan harap serta mereka menaafkahkan apa-apa rezeki yang kami berikan.

Itikaf

Tikaf adalah berdiam diri di Masjid utnutk beribadah kepada Allah SWT. Namun dikarenakan Pandemic Covid-19  yang masih berlangsung ini kita tetap harus menjaga prokes yang ketat
Meningkatkan tilawah al qur’an
Kenjangan tilawah al Qur’an karena tilawah Al Quran merupakan ibadah yang bernilai keutamaan besar.

Mari kita raih 10 terakhir di bulan suci ramadhan ini dengan mengenjangkan ibadah wajib dan ibadah sunnah agar mendaptatkan kemenangandan keberkahan di bulan Suci Ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar