Recent Posts

Pandangan Nyeleneh "Haid Boleh Puasa" Dimana Peran Negara Menjaga Syariah

Sabtu, 08 Mei 2021


Oleh : Yuni Nisawati


Unggahan serang wanita boleh berpuasa saat haid viral di media social. Uanggahan ditayangkan di akun Instagram @mubadalah.id. Pernyataan teesebut diunggah dengan sumber tulisan Kiai im disitus mubadalah.id. Imam pemilik tulisan tersebut, mengaku sudah menghapus unggahannya karena telah memicu kontroversi. Imam juga mengaku tulisan tersebut hanya diunggah di akun Facebook nya, dan menegaskan dirinya tidak pernah mengirimkan tulisannya ke situs manapun. Menurut Wakil Ketua MUI Anwar Abas, perempuan yang had itu tidak bisa berpuasa. Namun, mereka wajib mengganti di hari lain di luar bulan Ramadhan. Soal perempuan haid tak boleh berpuasa pun sudah jadi kesepakatan para ulama, sehingga serial muslim harus mematuhinya. 
(https://news.detik.com/03/05/2021)


Viralnya pernyataan bahwa wanita haid boleh berpuasa membuat heboh dan memicu kontroversi di masyarakat. Pasalnya sudah jelas bahwa wanita tidak diperbolehkan untuk berpuasa dan hal Itu sudah disepakati para ulama dan sudah dijelaskan dalil-dalilnya. Ini membuktikan bahwa pernyataan tersebut merupakan pandangan nyeleneh. Dengan tidak adanya pemerintah, bahkan pemerintah cenderung abai, membuat orang-orang semakin berani untuk membuat pandangan-pandangan yang nyeleneh tentang Islam. Bahkan pemerintah terkesan cuek dengan tidak adanya sanksi tegas untuk pelaku-pelakunya. Karena tidak adanya sanksi sehingga tidak ada efek jera bagi para pelakunya. 


Dengan adanya Sistem Demokrasi saat ini, semakin membuat negara mendorong Liberalisasi. Dengan adanya Liberalisasi, membuat pandangan-pandangan yang menyimpang tentang islam semakin tumbuh dengam subur. Tidak hanya dengam Ada ya liberalisasi, tetapi pemerintah juga mendorongnya. Sehingga menjadikan peluang hal-hal tersebut semakin banyak terjadi. Dengan banyaknya pandangan-pandangan menyimpang tentang islam, ham tersebut semakin banyak menyesatkan umat yang tidak paham Islam. 


Karena hal itu lah saat ini kita membutuhkan Sistem Islam. Hanya Sistem Islam yang mampu menyelesaikannya. Karena hanya Sistem Islam yang mampu member ikan sanksi-sanksi tegas kepada orang-orang yang berpandangan menyimpang seperti mereka. Maka dari itu, pentingnya kita mempelajari Sistem Islam yang mendalam agar kota tidak mudah terbawa oleh pandangan pandangan yang menyimpang tentang Islam. 
Selain itu, dengan mempelajari Sistem Islam kita lebih mengerti bahwa hanya Sistem Islam yang menjamin tidak adanya pandangan yang menyesatkan apalagi berkembang dan disebarkan. 


“Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang”.
(QS. Al-Maidah: 48)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar