Recent Posts

Di Negeri yang Kaya Raya Rakyat Menderita

Selasa, 08 Juni 2021



Oleh: Aulia Izza

             Jika melihat potret kehidupan saat ini, tampakkah kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat? Atau justru sebaliknya? Ketidakadilan terjadi di mana-mana. Mengapa semua ini bisa terjadi di negeri yang kaya akan sumber daya alam? Banyak sekali perusahaan bangkrut, ritel gulung tikar, bahkan tutup permanen. Contoh nyata seperti GIANT.
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210601100744-92-649026/giant-tumbang-ribuan-pekerja-umkm-disebut-ikut-kena-getah

Dari fakta di atas semakin menambah daftar pengangguran di negeri ini, akan muncul masalah-masalah baru yang disebabkan oleh meningkatnya angka pengangguran. Angka kriminalitas meningkat akibat sulitnya mencari lapangan pekerjaan yang layak.

Lalu bagaimana cara Islam mengatasi masalah ini, yaitu:

1. Aqidah setiap individu harus dimantapkan terkait hal rizki. Bukankah Allah yang menjamin rizki setiap makhluk yang Dia ciptakan? Sebagaimana firman-Nya dalam Al qur’an surat Hūd ayat 6:

"Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rizkinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)".

Dari makna ayat diatas, wajib bagi kita untuk meyakini bahwa Allah telah menjamin rizki setiap hamba-Nya. Allah tidak pernah mengurangi sedikitpun rizki yang telah ditetapkan bagi hamba-Nya.

2. Dari sisi pemerintah. Seharusnya pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk masyarakat terutama kaum laki-laki sebagai pencari nafkah dalam keluarga. Menjamin pendidikan yang berkualitas agar mampu melahirkan generasi yang mampu melahirkan ide-ide yang cemerlang dan mampu berkreatifitas sesuai kemampuan masing-masing. Menjamin kesehatan yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat baik yang miskin ataupun yang kaya karena kesehatan hak seluruh masyarakat.

Sudahkah sistem yang ada saat ini menerapkan itu semua? Tentu tidak, karena sistem yang dianut saat ini bukan dari sistem Islam. Sistem yang dianut saat ini adalah sistem Kapitalis yang hanya melihat dari sisi materi dan manfaat saja.

Lalu, bagaimana agar mampu mendapatkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat? Yaitu, dengan menerapkan sistem Islam secara kaffah yang mengatur semua lini kehidupan mulai dari individu sampai cara hidup bernegara. Semua itu akan terwujud dalam bingkai Khilafah Islamiyah.

Wallahu a'lam bissawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar