Recent Posts

Kenaikan Pajak Pangan Sudah Tepatkah?

Senin, 14 Juni 2021


Oleh: Aulia Izza


             Rencana pemerintah yang akan menaikkan pajak pangan di Indonesia sudah tepatkah? Bagaimana dengan nasib kaum buruh dan masyarakat miskin di negeri ini? Belum lagi masalah meningkatnya angka pengangguran yang belum terselesaikan di negeri ini, sudah ditambahi dengan rencana kenaikan pajak pangan. Efektifkah ini? Apakah adil bagi masyarakat?
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10160600632687079&id=374777242078

Dari fakta diatas menandakan bahwa pemerintah tidak benar-benar memikirkan nasib masyarakatnya, yang dipikirkan hanyalah keuntungan materi belaka dan kepentingan pribadi para penguasa serta pemodal asing. Seharusnya pemerintah memberi jaminan kehidupan yang layak bagi masyarakat dan berlaku adil kepada seluruh masyarakat baik yang miskin maupun yang kaya,karna keadilan adalah hak setiap warga negara. Bukankah tugas seorang pemimpin adalah berbuat adil? Sebagaimana perintah Allah SWT dalam Al Qur'an surat An-Naḥl ayat 90:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran".

Dari makna ayat diatas sudah jelas bahwa Allah SWT telah memerintahkan pemimpin untuk berbuat adil, tapi pemimpin yang ada saat ini apakah sudah berbuat adil? Tentu saja belum, karena pemimpin-pemimpin yang ada saat ini adalah hasil dari sistem yang rusak. 

Lalu, bagaimana Islam mengatasi masalah pangan bagi rakyatnya, yaitu dengan cara rakyat diberi fasilitas lahan pertanian yang cukup untuk dikelola. Pemerintah menyediakan saluran irigasi (perairan) yang cukup kepada para petani agar mempermurah biaya pertanian. Pemerintah meriayah masyarakat miskin dan janda miskin serta anak yatim.

Selain itu pemerintah juga menyediakan kesehatan dan pendidikan gratis bagi seluruh masyarakat seperti di negeri negeri timur tengah. Pemerintah tidak mengizinkan sumber daya alam dikelola oleh negara asing sehingga kekayaan alam yang dimilik cukup untuk kebutuhan negara dan masyarakatnya. Kecuali bagi negara yang miskin boleh memungut pajak kepada masyarakat sesuai syari'at Islam.

Selama syari'at Islam belum ditegakkan,keadilan dimuka bumi ini akan sulit terwujud. Hanya dengan tegaknya sistem Khilafah Islamiyahlah keadilan akan menyentuh seluruh sendi kehidupan.



Wallahu a'lam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar