Recent Posts

Belajar dengan Menyenangkan dikala Pandemi

Kamis, 15 Juli 2021


 

Oleh: Siti Hajidah Hana Nurhasanah
Mahasiswi Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Juruaan Pendidikan Islam Anak USia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
 
Kemunculan virus corona mulai terdeteksi pertama kali pada awal Desember 2019 di Wuhan atau disebut dengan COVID-19, merupakan jenis virus yang di identifikasi sebagai penyakit pada saluran pernapasan, virus corona menjadi berita hangat di seluruh dunia dan mendadak menjadi teror yang mengerikan bagi masyarakat di dunia, tak terkecuali negara Indonesia, pada tanggal 14 Februari 2020 pasien pertama terinfeksi virus corona di negara kita Indonesia sehingga pemerintah menetapkan COVID-19 menjadi bencana nasional pada bulan Maret 2020. Rumitnya penanganan wabah ini membuat para pemimpin dunia menerapkan kebijakan yang sangat ketat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 social distancing menjadi pilihan berat bagi setiap negara dalam menerapkan kebijakan, untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Kebijakan sosial distensing berakibat fatal terhadap roda kehidupan manusia,tak terkecuali bidang pendidikan ikut juga terdampak kebijakan ini, keputusan pemerintah yang mendadak dengan meliburkan atau memindahkan proses pembelajaran dari sekolah atau madrasah menjadi di rumah, membuat banyak harus beradaptasi pihak termasuk pendidik (guru), peralihan cara belajar ini memaksa berbagai pihak untuk mengikuti alur yang sekiranya bisa ditempuh dengan pembelajaran langsung sehinga berubah menjadi pembelajaran daring dengan pemanfaatan penggunaan teknologi, dan pembelajaran luring dengan pemberian tugas. Adapun beberapa cara pembelajaran daring yang menyenangkan yang bisa dilaksanakan oleh guru di masa pandemi ini adalah  sebagai berikut:

1. Belajar Bersama Teman

Belajar sendiri kadang rasanya tenang, tapi terkadang kita butuh bantuan ketika menemukan berbagai kesulitan. Tidak ada salahnya kita belajar bersama teman-teman melalui video call. Senang sekali pastinya ketika kita saling menjadi support sistem untuk yang lainnya. Berdiskusi dengan teman-teman mempermudah memahami pelajaran dengan menyenangkan. Ketika belajar dengan teman, kita akan lebih banyak mengetahui dan memahami informasi dari berbagai sudut pandang, saling mengingatkan jika ada kesalahan, secara tidak langsung akan memberikan motivasi, bahkan meningkatkan percaya diri.

2. Menciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

Tempat belajar merupakan salah satu hal yang mendukung proses belajar agar lebih efektif serta menyenangkan. Ruang belajar yang nyaman akan memberikan semangat dan rasa rileks saat belajar, sehingga bisa menangkap ilmu lebih optimal. Yuk, sempatkan waktu untuk merapikan, membersihkan, atau menghias ruang belajar sesuai selera.

3. Olahraga dengan Teratur

Pandemi tidak menghalangi kita untuk berolahraga, berolahraga bisa di mana saja dan kapan saja misalkan dengan cara berlari kecil, bersepeda, senam, dan lain-lain. Dilansir dari Halodoc juga, ternyata olahraga secara teratur bisa menjauhkan kita dari beragam penyakit, meningkatkan daya pikir, mencegah risiko cedera, memperlancar peredaran darah, bahakan menjaga kesehatan kulit.

4. Menyediakan Cemilan dan Memutar Playlist Kesayangan

Putar musikmu dan ambil cemilan kesukaanmu, ada baiknya menaruh camilan dekat dengan jangkauan kita ketika belajar. Pilih musik-musik yang menurutmu paling cocok dengan suasana saar itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar