Recent Posts

BELAJAR YANG MENYENANGKAN DAN TIDAK BOSAN BERSAMA SI KECIL SAAT BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID 19

Senin, 12 Juli 2021



Oleh    : Eva Nurjanah
Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini


Adanya virus COVID-19 yang sudah memasuki 2 tahun ini, menuntut setiap orang untuk melakukan aktivitas dirumah. Tidak hanya karyawan yang diharuskan bekerja dari rumah, sekolah tempat anak-anak belajar juga diwajibkan untuk belajar dari rumah dan melakukan pembelajaran online dirumah. Tujuan dari himbauan ini adalah untuk menghambat penyebaran virus COVID-19.


Tentu saja, menghadapi perubahan pola pembelajaran saat ini sulit bagi orang tua terutama dalam menghadapi pembelajaran online pada masa  awal anak sekolah. Pembelajaran dilakukan dirumah selama masa pandemi COVID-19 dengan demikian, orang tua diharapkan dapat mendampingi anaknya selama belajar secara online.


Ibu harus sabar dan tetap fokus mendidik anak agar tidak emosi atau marah saat membantu mereka belajar. Saat belajar di rumah, jangan memaksa anak untuk menyelesaikan tugas karena hal ini akan menurunkan motivasi mereka untuk belajar. Ketika ada tugas untuk anak ada baiknya ibu memberi pilihan waktu kapan anak akan mengerjakan. Ibu juga dapat menjelaskan keuntungan menyelesaikan tugas tepat waktu dan hukuman menunda-nunda mengerjakan tugas. Hal ini tentunya akan membuat anak berfikir dan mengambil keputusan yang bijak. Namun, ketika membujuk anak-anak, ingatlah untuk berbicara dengan nada yang menenangkan dan penuh semangat agar anak merasa antusias.


Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa teknik belajar agar anda tidak merasa bosan dan dapat menikmati belajar bersama anak-anak anda dirumah selama masa pandemi COVID-19.


1.      Ciptakan Kegiatan Belajar Yang Tidak Membosankan dan Menyenangkan di Rumah.


Meski kegiatan sekolah dihentikan sementara, anak tetap harus belajar online dari rumah. Tentu tidak semua anak mampu beradaptasi dengan kegiatan ini, terutama dalam hal fokus. Ibu dapat membangun ruangan khusus untuk anak belajar, dengan meja belajar dan karpet anak merasa nyaman saat belajar. Ini adalah sebagai langkah awal ketika kegiatan belajar dirumah dimulai.


2.      Mengajak Anak Berkebun


Berkebun bersama anak-anak adalah kegiatan yang bagus untuk dilakukan selama pandemi ini, dan hobi ini juga baik untuk anak-anak. Berkebun juga dapat digunakan untuk mendidik anak-anak tentang tanggung jawab, seperti pentingnya menyirami tanaman dan memupuknya secara teratur agar mereka berkembang.


3.      Anak-anak didorong untuk membaca buku.


Supaya anak tidak menjadi bosan atau kesepian, ajaklah anak untuk membaca buku atau mendengarkan ibu membaca buku. Tidak perlu waktu yang lama ketika membacakan buku kepada anak, hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit untuk mengajak anak membaca buku atau dibacakan buku setiap hari. Inilah salah satu teknik untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak adalah dengan membacakan buku untuk mereka.


Ada berbagai kegiatan tambahan yang bisa dilakukan bersama anak dirumah untuk mengisi waktu, seperti diajak memasak bersama, bermain puzzle, membuat kerajinan tangan, akting peran/bermain peran, dan sebagainya. Itulah beberapa saran untuk menemani anak-anak saat belajar dirumah agar mereka tetap termotivasi. Semoga bermanfaat, dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar