Recent Posts

Islam dan Kesejahteraan Umat

Senin, 12 Juli 2021


Oleh: Yasmin, Pelajar

Make up merupakan sesuatu yang biasa di masyarakat sekarang ini, barang ini beredar dari mulai harga murah sampai harga yang luar biasa mahal. Namun ternyata di balik harga make up yang luar biasa mahal itu ada sebuah sisi gelap dimana penambang bahan nya adalah anak anak dibawah umur dan hal ini terjadi di india (REUTERS/Nita Bhalla), mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena sistem kapitalisme.

Kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Sistem ini memunculkam statement yang ramai di masyarakat bahwa 'keadilan dan kesejahteraan adalah milik mereka yang mampu', sistem ini juga menghilangkan fungsi negara untuk mengelola secara mandiri seluruh sumber daya alam dan manusia nya, sehingga yang terjadi adalah pihak swasta dapat mengeksploitasi semua aspek untuk keuntungan pribadi nya, dan perlu diketahui sistem ini merajalela hampir di seluruh dunia.

Hal inilah yang menyebabkan dunia kita sekarang memiliki sisi kaya dan miskin yang terpaut jarak sangat jauh, di satu sisi ada masyarakat golongan atas yang dapat membeli barang barang berharga ratusan milyar dan di satu sisi ada masyarakat golongan bawah yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan mati kelaparan. Ini terjadi karena kapitalisme merupakan sistem yang tidak adil dan menempatkan kemiskinan sebagai sebuah masalah yang tidak dapat dipecahkan.
Pada dasarnya seharusnya negara memiliki sitem yang mengatur sumber daya nya sendiri, sehingga keuntungan tidak jatuh pada satu pihak, dan negara yang seperti ini pernah ada didunia dengan tingkat kemiskinan 0%, dan negara tersebut merupakan negara Islam dengan sistem ekonomi Islam. Jika memang sistem Islam telah terbukti begitu hebatnya mengatasi permasalahan permasalahan manusia lantas mengapa dunia masih menutup diri dari sistem ini?
Para penganut sistem kapitalis tentu tidak mau kehilangan segala keuntungan yang mereka dapatkan dari sistem ini, tidak peduli pada nasib orang lain yang menjadi batu pijakan keuntungan mereka, dan untuk mempertahankan hal ini mereka memprovokasi pemikiran masyarakat sehingga memiliki pemikiran yang kapitalis juga, dimana keuntungan hanya untuk diri sendiri dan tidak peduli pada orang lain, padahal seharusnya kita bersatu dan mengusahakan agar kesejahteraan menjadi milik semua orang, dan ini dapat kita lakukan dengan menyebarkan ajaran Islam karena hanya Islam-lah satu-satunya agama yang benar dan telah mengatur manusia dalam segala aspek dan kebenarannya telah terbukti dalam sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar