Recent Posts

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS GAMES DI MASA PANDEMI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK

Kamis, 15 Juli 2021


Oleh : Azhari Inda Shabrina 
(Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini)

            Hampir seluruh sektor terdampak akibat pandemi Covid-19. Salah satu dampak nyata dari pandemi Covid-19 pada biding pendidikan adalah motivasi belajar siswa (Suryaningsih, 2020: 10). Keadaan tersebut akan mempengaruhi kualitas belajar siswa, mengingat bahwa proses pembelajaran akan mencapai keberhasilan apabila siswa memiliki motivasi belajar. Motivasi belajar, mengandung arti dorongan dari dalam individu maupun luar untuk melakukan sesuatu. Motivasi tidak hanya diwujudkan melalui  kata-kata yang berasal dari guru atau orang tua (Amalia dan Setyani, 2014). Oleh karena itu penting bagi guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa meskipun pembelajaran di lakukan secara jarak jauh.

            Untuk meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi ini bisa melalui games ular tangga. Anak Ular tangga adalah permainan yang menggunakan dadu untuk menentukan berapa langkah yang harus dijalani bidak.

Permainan ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Papan permainan di bagi ke dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga atau ular yang menghubungkannya dengan kotak lain. Tidak ada papan permainan standar dalam ular tangga, setiap orang dapat menciptakan papan mereka sendiri dengan jumlah kotak, ular dan tangga yang berlainan. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga adalah permainan papan yang terdiri atas kotak-kotak yang di dalamnya terdapat gambar ular dan tangga, permainan ular tangga disertai dengan sejumlah peraturan.

Manfaat Permainan Ular Tangga

Banyak manfaat yang dapat di ambil dari sebuah permainan. Bagi anak, permainan yang dilakukan dengan menyenangkan akan berdampak positif terhadap perkembangan anak, sikap mental, dan nilai kepribadian anak. Permainan ular tangga juga memiliki banyak manfaat dalam hal pendidikan yang bisa di peroleh anak dari permainan ular tangga yaitu:

1.      Anak dapat menambah kosa kata baru melalui gambar dalam papan ular tangga tersebut berlatih mendeskripsikan gambar,
2.      Melatih anak belajar matematika sederhana,
3.      Melatih anak belajar membaca,
4.      Melatih anak belajar memahami kalimat permintaan atau perintah, anak akan belajar memecahkan masalah,
5.      Anak akan belajar mengenal kata.

Kelebihan Permainan Ular Tangga

       Menurut Sri Rahayu, 2013: 46, kelebihan dari permainan ular tangga diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Permainan ular tangga ini merupakan permainan yang menyenangkan bagi anak karena anak terlibat langsung dalam permainan.

2.      Permainan ini sangat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan materi atau tema yang akan di ajarkan.

3.      Mengembangkan bahasa anak khususnya menambah kosakata yang ada disekitarnya.

4.      Penggunaan media permainan ular tangga dapat merangsang anak belajar memecahkan masalah sederhana tanpa disadari anak. 

5.      Mengembangkan komunikasi dan interaksi anak satu dengan yang lain sebab permainan dilakukan secara berkelompok.

6.      Meningkatkan perkembangan motorik anak sebab permainan ini melibatkan fisik anak secara langsung. 

Kekurangan Permainan Ular Tangga

1.      Permainan membutuhkan tempat yang luas agar anak lebih leluasa saat melakukan permainan ini.

2.      Kurangnya pemahaman aturan permainan oleh anak dapat menimbulkan kericuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar