Recent Posts

MANAJEMEN DIRI DI MASA PANDEMI

Minggu, 11 Juli 2021


Oleh: Eva Rojifah
Mahasiswi Jurusan PIAUD Fakultas Tarbiyah Dan keguruan
 Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.


Maret 2020 menjadi awal covid-19 ada di indonesia, covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2 yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. Pemeritah Indonesia terhusus mentri pendidikan berusaha penuh untuk mencari solusi agar dunia pendidikan bisa terselamatkan. Pandemi merubah kebiasan manusia yang sebelumnya bekerja, bersekolah dilaksanakan secara langsung atau tatap muka, kini semua kegiatan tersebut dilakukan dari rumah, dengan alasan bisa menghambat penyebaran virus covid-19. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik untuk bisa melaksanakan pembelajaran yang aktif kreatif efektif dan menyenangkan. Dan tantangan pula bagi para siswa untuk menjalankan semua dengan semangat dan tidak putus asa.


Pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) biasa nya para guru dan siswa  menggunakan aplikasi aplikasi tertentu dalam melakukan proses belajar, seperti Google meet ataupun Zoom meeting. Dalam kondisi seperti ini tidak sedikit para pelajar yang merasakan jenuh atau bosan. karena itu perlu adanya pengendalain diri atau bisa di katakan manajemen diri, 


Manajemen diri merupakan pengendalian yang mana kita harus bisa mengendalikan pikiran, ucapan, dan perbuatan yang kita lakukan, sehingga kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak baik. Kita sebagai individu pastinya ingin memiliki pribadi yang baik, dan dalam memperbaiki diri dibutuhkan keterampilan diri sesuai dengan kemampuan yang kita punya. Sebab manajemen diri salah satu skill yang hampir dikatakan tidak mudah untuk kita pelajari dan juga diterapkan pada diri kita dan diri seseorang. Dimana kita harus bisa mengendalikan perasaan, emosi, aktivitas sehari-hari yang akan mempengaruhi peran kita dalam kehidupan sehari-hari.


Nah pada masa pandemi seperti ini ada beberapa cara untuk menanamkan manajemen diri dengan baik antara lain bisa dengan: 


1.      Mengatur stres

Hal yang pertama dan utama dari manajemen diri yaitu mengacu pada kemampuan pribadi untuk menolak setiap situasi stres. Saat kita mulai mengembangkan keterampilan yang mana itu untuk manajemen diri, maka kita akan menghindari banyak kesalahan pada diri kita yang sebagian akan membuat kita stres.


2.      Menjaga imun

Imun sangat dibutuhkan, kekebalan imun bisa menjaga tubuh terhindar dari paparan virus covid 19, imun bisa dibangun dengan keadaan jiwa yang bahagia. Maka dari itu untuk menjaga imun kita perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat hati dan pikiran kita senang dan nyaman atau berolahraga. 


3.      Komunikasi

Dalam manajemen diri yang harus kita perlukan juga yaitu komunikasi, kalau kita dapat berkomunikasi secara efisien kepada orang lain maka kita bisa berbagi informasi dengan cekatan dan dapat memahami informasi secara jelas dan tepat. Adanya komunikasi juga agar tidak terjadinya miss comunication. Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini.


4.      Manajemen Waktu
“Waktu adalah uang”, pepatah ini sudah tidak asing lagi terdengar ditelingan kita. Bagi sebagian orang yang ingin sukses pasti mereka mementingkan waktu dalam segala aktifitas mereka. Karna waktu merupakan hal terpenting dalam mencapai suatu impian, dengan adanmya ketrampilan mengatur waktu, maka orang tersebut akan lebih menjadi produktif.      
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar