Recent Posts

MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DiMASA PANDEMI COVID-19

Rabu, 14 Juli 2021
 


Oleh: ANIDA 
(Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten) 

 
Pada saat ini dunia termasuk negara Indonesia sedang mengalami pandemi virus Corona atau sering disebut covid-19. Virus ini sangat mematikan bagi manusia, maka dari itu  di masa pandemi ini kita harus menjaga kesehatan tubuh kita. Masyarakat Indonesia juga harus mengurangi aktivitas dan kegiatan yang berada di luar rumah, hal tersebut sudah diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Upaya untuk mencegah penularan virus Corona tersebut.

Di masa pandemi Covid-19  juga pemerintah telah memutuskan kan bahwa sekolah tidak boleh ada yang beroperasi terlebih dahulu sampai keadaan  Sudah mulai stabil. Maka dari itu pemerintah memutuskan agar siswa-siswi tetap belajar meskipun melalui jarak jauh yaitu di rumah masing-masing peserta didik.
Tetapi belajar dari rumah secara online tentu tidak mudah bagi anak. Banyak sekali gangguan pada saat anak akan belajar, baik dari jaringan internet, suasana ruangan, dan terkadang anak sulit fokus untuk mengikuti pelajaran melalui online. Nah, peran orangtua disini sangatlah dibutuhkan bagi anak-anaknya. Karena orang tualah peran yang utama bagi berlangsungnya belajar anak. Pada saat anak belajar orangtua haus mendampingi anaknya, karena ada beberapa anak pada saat akan belajar banyak sekali alasan alasan agar ia tidak belajar.
Sebagai orang tua dalam mendampingi anak belajar harus mempunyai cara agar anak bisa belajar dengan fokus yaitu: 

1.      Memantau Perkembangan Belajar anak.
2.      Sediakan tempat atau ruangan yang nyaman untuk anak belajar.
3.      Jauhkan benda-benda yang dapat membuat anak tidak fokus untuk belajar (misalnya, gadget).
4.      Berikan pengertian kepada anak tentang dampak dari gadget tersebut yang dapat merusak konsentrasi belajar anak.
5.      Membujuk anak agar mau belajar meskipun belajar dirumah.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar