Recent Posts

Pendidikan dimasa pandemi Covid -19

Rabu, 14 Juli 2021



Oleh : Roslina Septiani Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Pendidikan sangatlah penting bagi genearsi penerus bangsa. Tanpa pendidikan  seseorang tidak akan mampu bersaing dalam menghadapi kehidupan yang semakin hari semakin modern. Menurut para ahli bahwa pendidikan merupakan  upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan merupakan suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas kehidupannya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.

Pandemi covid -19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang dalam kurun waktu dua tahun kebelakang ditemukan kemunculan nya di negeri china dan menyebar hampir keseluluh penjuru dunia.  Bahka WHO ( Word Health Organization ) secara resmi mendeklarasikan virus corona sebagai Pandemi yang sangat cepat penyebarannya dan sangat berbahaya.

Menurut para ahli dibidang nya bahwa coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menybabkan penyakit pada manusia. Pada manusia penyakit itu antara lain: infeksi saluran pernafasan, mulai flu biasanya hingga penyakit yang serius hingga menyebabkan kematian.

            Menurut para ahli bahwa Virus jenis ini merupakan virus yang sangan cepat penyebaranya. Oleh karena nya pemerintah melalui saran- saran dari stakeholder dibidangnya dan pertimbangan-pertimbangan yang mendasar mengeluarkan peraturan untuk lockdown demi mencegah penyebaran covid-19 ini.

Lockdown merupakan tindakan darurat atau kondisi saat orang-orang untuk sementara waktu dicegah memasuki atau meninggalkan area atau bangunan yang tealah ditentukan selama ancaman bahaya berlangsung.

            Pentingnya keberlangusangn pendidikan dan kaitannya dengan bahaya penyebaran covid-19 bila terus dilakukan secara tatap muka atau offline membuat pemerintah dalam hal ini Kemendikbud ( kementrian pendidikan dan kebudayaan ) berfikir keras bagaimana cara agar pendidikan tetap berlangsung tanpa mengabaikan penyebaran covid-19. Sehingga diumumkan bahwa pembelajaran dilakukan seacra daring ( online ).

            Menurut para ahli pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan guru dan murid untuk melaksanakan interaksi pembelajaran dengan bantuan internet dan tanpa tatap muka.

            Pendidikan dimasa covid-19 sangat sulit dilakukan, hal ini diakui oleh mentri pendidikan Nadiem Makarim. Menurutnya  tantangan di dunia pendidikan selama covid-19 tidak hanya dirasakan olehnya. Namun juga dirasakan oleh Negara lain. Beliau juga mengatakan “ pastinya hal ini merupakan tantangan terbesar dalam hidup saya. Namu belaiu juga menegaskan bahwa beliau sudah terbiasa dengan situasi sulit. Dan belau optimis pendidikan di masa covid-19 akan tetap berjalan efektif. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak.

            Pendidikan dimasa covid -19 pada dasar dan ingtinya sama saja namu cara nya yang berbeda yaitu dilakukan dengan cara daring baik daei tinggakt Tk/PIAUD, MI/SD, MTS/SMP, MA/SMA/SMK/ bahkan sampai tiungkat  sarjana dan pasca sarjana semua dilakuan secara daring. 
            Kita berharap wabah covid-19 ini segera berakhir sehingga pendidikan kembali dilakukan secara normal.
            
            
              
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar